Diserang Drone, Pabrik Minyak Terbesar di Dunia di Arab Saudi Terbakar


Ahad, 15 September 2019 - 07:57:54 WIB
Diserang Drone, Pabrik Minyak Terbesar di Dunia di Arab Saudi Terbakar Ilustrasi, kebakaran fasilitas pemrosesan minyak di Arab Saudi terbakar usai diserang drone, Sabtu (14/9). REUTERS

RIYADH, HARIANHALUAN.COM – Fasilitas pemrosesan minyak di Arab Saudi yang merupakan terbesar di dunia terbakar hebat usai diserang drone, Sabtu (14/9). Fasilitas minyak yang diserang yakni Saudi Aramco dan dua lokasi berbeda di dalam kompleks fasilitas minyak Saudi itu, termasuk fasilitas minyak terbesar di dunia tersebut.

Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (14/9/2019), serangan drone mengenai fasilitas minyak di Abqaiq dan Khurais, dua fasilitas utama Aramco yang terletak di wilayah Saudi bagian timur pada Sabtu (14/9) dini hari waktu setempat.

"Pada pukul 04.00 waktu setempat, tim keamanan industri dari Aramco mulai berurusan dengan kebakaran pada dua fasilitas di Abqaiq dan Khurais sebagai dampak dari serangan drone," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Saudi seperti dikutip Saudi Press Agency (SPA).

"Dua kebakaran itu telah berhasil dikendalikan," imbuh pernyataan tersebut.

Fasilitas Abqaiq yang berlokasi 60 kilometer sebelah barat daya kantor utama Aramco di Dhahran, merupakan lokasi pabrik pengolahan minyak terbesar milik Saudi Aramco. Sedangkan fasilitas Khurais yang berjarak 250 kilometer dari Dhahran, menjadi lokasi ladang minyak utama Aramco.

Kementerian Dalam Negeri Saudi juga menyatakan penyelidikan telah diluncurkan terhadap serangan-serangan drone itu. Asal serangan drone itu tidak disebut lebih lanjut oleh otoritas Saudi. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]