Kabut Asap Kian Parah, TNI dan BPBD Dharmasraya Bagikan Masker


Ahad, 15 September 2019 - 16:35:51 WIB
Kabut Asap Kian Parah, TNI dan BPBD Dharmasraya Bagikan Masker BAGI MASKER - Dandim 0310/SS Letkol.Inf.Dwi Putranto dan Kepala BPBD, Eldison, memimpin pembagian masker untuk warga masyarakat yang masih beraktivitas diluar rumah dengan kondisi kualitas udara sangat tidak sehat. MARYADI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Tebalnya kabut asap di Kabupaten Dharmasraya secara umum dan kualitas udara juga sudah dinyatakan tidak sehat. TNI dan BPBD bersama beberapa stakeholder, membagikan masker bagi warga masyarakat yang masih beraktivitas ke luar rumah, Sabtu (14/09), lalu. Dandim 0310/SS Letkol.Inf.Dwi Putranto bersama Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison, langsung memimpin pembagian masker tersebut.

"Kita berbuat dengan niat baik dan ikhlas saja, terserah orang yang menilai, yang jelas warga masyarakat saat ini butuh masker untuk menutup hidung dan mulutnya saat keluar rumah," ucap mantan Danyon 133 Padang ini.

Setelah ada hasil pengukuran kualitas udara oleh DLH Dharmasraya bersama BMKG Stasiun Pemantau Atmosfer Global (GAW) Bukit Koto Tabang, pada Jumat (13/9) malam, yang menyatakan kualitas udara sangat tidak sehat, maka secara dadakan, Sabtu, langsung ia pimpin pembagian masker untuk warga masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Dandim Dwi Putranto, membentangkan spanduk mengajak agar masyarakat tidak melakukan pembakaran, baik pembakaran lahan maupun membakar sampah, untuk mengurangi kabut asap yang berakibat polusi udara. "Saya sebagai pemegang komando di jajaran TNI tiga wilayah, melalui Danramil sampai Babinsa, untuk selalu memantau adanya pembakaran yang dilakukan masyarakat," katanya.

Ditempat terpisah, Kepala DLH Dharmasraya, drg Erina, terus menghimbau, mengajak masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas diluar rumah kalau tidak terpaksa serta memberikan informasi tentang kualitas udara.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, dr.Rahmadian, agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah untuk mengantisipasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

"Kalaupun beraktivitas di luar rumah diharapkan menggunakan masker serta banyak mengkonsumsi buah dan minun air putih untuk menghindari dehidrasi," lanjut dia.

Selain itu, masyarakat hendaknya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti tidak merokok serta istirahat yang cukup. (h/mdi)

loading...
Reporter : Maryadi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 Oktober 2019 - 10:19:53 WIB

    Akibat Kabut Asap, 0,4 Ha Terumbu Karang Alami Pemutihan

    Akibat Kabut Asap, 0,4 Ha Terumbu Karang Alami Pemutihan PADANG, HARIANHALUAN.COM — Terumbu karang seluas 0,4 hektare di kawasan Pantai Manjuto, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, tengah mengalami proses pemutihan (bleaching). Kerusakan te.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:11:31 WIB

    Siswa di Sijunjung Diliburkan, Kabut Asap Kian Parah

    Siswa di Sijunjung Diliburkan, Kabut Asap Kian Parah SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Setelah sebelumnya cuaca sempat sejuk lantaran hujan turun, kini sejumlah daerah kembali dilanda bencana kabut asap. Tak terkecuali Kabupaten Sijunjung. Kondisi kabut asap yang terjadi sudah san.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:06:40 WIB

    Buat Mata Perih, Kabut Asap di Kabupaten Solok Mengkhawatirkan

    Buat Mata Perih, Kabut Asap di Kabupaten Solok Mengkhawatirkan AROSUKA, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di negeri tetangga, kembali menyelimuti kawasan Kabupaten Solok dan sekitarnya. Bahkan kondisinya kian pekat dan masuk kepada level tidak sehat. .
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:53:43 WIB

    Kabut Asap Menutupi Bumi Markisa, Jarak Pandang 200 Meter

    Kabut Asap Menutupi Bumi Markisa, Jarak Pandang 200 Meter SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap kembali menutupi udara Kota Solok dan sekitarnya. Kendati beberapa hari lalu menghilang karena turunnya hujan, sekarang kabut asap kembali muncul sehingga mengganggu aktifitas masyarakat..
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:06:12 WIB

    Kabut Asap Mengkhawatirkan, Sekolah di Solsel Bakal Diliburkan 

    Kabut Asap Mengkhawatirkan, Sekolah di Solsel Bakal Diliburkan  SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap di Solok Selatan (Solsel) pada Rabu (16/10) kian pekat dan mengkhawatiran dibandingkan kemarin, (15/10). Pelajar bakal diliburkan. Sementara itu, dilakukan pengujian kualitas udara.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]