Mahyeldi Imbau Warga Padang Kurangi Aktivitas di Luar Rumah


Ahad, 15 September 2019 - 16:38:56 WIB
Mahyeldi Imbau Warga Padang Kurangi Aktivitas di Luar Rumah Dampak kabut asap yang semakin menjadi, Wali Kota Padang lakukan aksi pembagian masker terhadap pengguna kendaraan, Sabtu (14/9) di Jalan A Yani. Ia mengimbau supaya masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. WINDA
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dampak kabut asap yang disebabkan atas aksi pembakaran hutan dibeberapa titik di Provinsi Riau, Jambi dan sekitarnya kini telah berimbas ke Kota Padang. Untuk itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah imbau warga kurangi aktivitas di luar rumah.
 
"Dengan kondisi yang saat ini terjadi, kami berharap warga bisa mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu, jika hendak bepergian juga, gunakanlah masker apalagi yang menggunakan kendaraan roda dua," ucap Mahyeldi di usai melakukan aksi pembagian masker kepada pengguna kendaraan yang melintas, Sabtu (14/9) di Jalan A Yani Padang.
 
Mahyeldi menjelaskan, untuk di Kota Padang sendiri, sesuai hasil pemeriksaan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dari uji udara yang dilakukan, terhitung sejak Jumat (13/9) lalu sudah memasuki kategori sedang. Dikuatirkan hari ke hari udara akan terus memburuk.
 
"Mari kita ke luar rumah dengan memakai masker, dan tidak usah keluar rumah sekiranya tidak begitu penting. Mari juga kita berdoa semoga akan turun hujan secepatnya, sehingga itu bisa mengurangi kepadatan dari kabut asap ini," imbaunya Wali Kota.
 
Selain itu, Mahyeldi mengaku kuatir akan terjadinya peningkatan ketebalan kabut asap tersebut. Ia berharap pemerintah pusat khususnya kepada Presiden RI Joko Widodo yang beberapa waktu lalu pernah melontarkan kalimat siap bertindak cepat ketika mendapati kasus kebakaran lahan di Indonesia.
 
"Kami berharap pak presiden cepat dam segera menanggapi kasus ini supaya tidak terus berisiko terjadap masyarakat," imbuhnya lagi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota (DLH) Kota Padang, Mairizon menambahkan, adapun kondisi Kota Padang saat ini sesuai hasil pemeriksaan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang dilakukan pihaknya per Jumat (13/9) lalu, mendapati angka 61 atau kategori sedang. Kondisi ini naik dibanding hari-hari sebelumnya yang berada pada angka 51.
 
"Skala ISPU tersebut mulai dari kategori  tingkatan baik, sedang, tidak sehat, sangat tidak sehat dan berbahaya. Di samping dari imbauan wali kota di atas tadi, kami juga meminta masyarakat untuk tidak menimbulkan asap. Seperti tidak melakukan berbagai bentuk pembakaran, terutama pembakaran sisa hasil pertanian dan sejenisnya," kata Mairizon.
 
Mairizon juga menyampaikan bahwa, masker yang dibagikan ada sekitar 1.700 buah kepada pengendara sepeda motor khususnya. "Kami akan terus memantau terkait pencemaran udara ini. Sementara, jumlah masker yang dibagikan segitu dulu. Bisa saja nanti ditambah lagi," tukasnya. (h/win)


Reporter : Rahma Winda /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM