Pro Kontra Revisi UU KPK, Koalisi Masyarakat Sipil Siap Gugat Jokowi


Ahad, 15 September 2019 - 23:13:32 WIB
Pro Kontra Revisi UU KPK, Koalisi Masyarakat Sipil Siap Gugat Jokowi Ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Koalisi Masyarakat Sipil bersiap menggugat  Presiden Jokowi terkait revisi UU KPK.

Anggota koalisi yang juga peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Agil Oktaryan mengaku telah bersiap melaporkan Presiden Jokowi ke Ombudsman atau melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Satu, ini bisa kita gugat cacat formalnya ke Ombudsman. Yang kedua kami bisa PTUN-kan tindakan Jokowi, bukan supresnya ya, tapi tindakannya Jokowi. Karena presiden hanya bisa merespons UU yang masuk prolegnas prioritas. Kalau tidak, presiden itu melanggar hukum. Ini [langkah] sebelum UU-nya jadi," ujar Agil  seperti dikutip dari CNNIndosia.com usai diskusi mengenai sejumlah RUU yang kontroversial, di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (15/9).

"Kalau UU sudah jadi, kami masih bisa mempersoalkan melalui Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi dengan uji formilnya. Kita minta MK membatalkan," sambung dia lagi.

Cacat formal yang dimaksud koalisi adalah salah satu ketentuan dalam Undang-Undang 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang mengharuskan sejumlah tahapan. 

Salah satunya menurut anggota koalisi yang juga Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana, RUU yang bakal disahkan harus terlebih dulu masuk ke program legislasi nasional (Prolegnas) prioritas.

"Ada peraturan yang menyebut jika DPR ingin mengesahkan UU maka UU itu bukan saja harus ada di prolegnas 5 tahun melainkan juga masuk di prolegnas prioritas. Tapi kalau kita lihat lebih jauh prolegnas prioritas, UU KPK ini hanya masuk tahun 2017," kata Kurnia.

"Jadi ini bermasalah di sisi formil. Yang menjadi alasan DPR, UU ini sudah dibahas pada 2017 maka tinggal melanjutkan sehingga tidak perlu dimasukkan di prolegnas prioritas. Ini alasan yang mengada-ada dan tidak ada landasan hukum," tegas dia lagi.*


 Sumber : CNNI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:15:37 WIB

    Lagi, PNS Dipecat karena Status di Medsos Posting Pro Kilafah

    Lagi, PNS Dipecat karena Status di Medsos Posting Pro Kilafah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Plt Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Tjahjo Kumolo mengatakan baru saja memberi sanksi disiplin berupa pencopotan jabatan atau non job terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang mengunggah konten p.
  • Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:13:04 WIB

    Viral, Anak di Probolinggo Bongkar Makam Ibunya

    Viral, Anak di Probolinggo Bongkar Makam Ibunya PROBOLINGGO, HARIANHALUAN.COM - Video seorang pria yang tengah memasukkan sesosok jenazah ke dalam liang lahat viral di media sosial. Viralnya video itu bukan pada apa yang terlihat di video, tetapi lebih kepada cerita di ba.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 22:49:45 WIB

    OTT Bupati Indramayu, KPK Sita Sepeda yang Diduga Fee Proyek

    OTT Bupati Indramayu, KPK Sita Sepeda yang Diduga Fee Proyek JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Lagi-lagi kepala daerah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hari ini, Selasa (15/10) giliran Bupati Indramayu terjaring OTT oleh tim komisi anti rasuah ters.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 21:25:48 WIB

    Kasus Korupsi Proyek Pelabuhan, KPK Tetapkan Mantan Bupati Darwin Ali Jadi Tersangka

    Kasus Korupsi Proyek Pelabuhan, KPK Tetapkan Mantan Bupati Darwin Ali Jadi Tersangka JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Mantan Bupati Seruyan, Darwin Ali telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pelabuhan Laut Teluk Segintung Kabupaten Seruyan, Kal.
  • Jumat, 11 Oktober 2019 - 21:59:22 WIB

    PMI Provinsi Sumbar Gelar Musprov X 2019

    PMI Provinsi Sumbar Gelar Musprov X 2019 PADANG,HARIANHALUAN.COM-Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumbar gelar Musprov ke-X 2019 di Grand Inna Muara Hotel Padang, Jumat(11/10) sore..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM