Berlaga di BK PON: Tim Sepatu Roda Sumbar Pergi Tanpa Beban, Pulang Tanpa Gelar


Senin, 16 September 2019 - 16:25:24 WIB
Berlaga di BK PON: Tim Sepatu Roda Sumbar Pergi  Tanpa Beban, Pulang Tanpa Gelar Tim Sepatu Roda Sumbar di sela Babak Kwalifikasi PON 2019 di International Skating Rink Grand Wisata Tambun Bekasi Jawa Barat. 

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Meski gagal menyabet medali pada babak kwalifikasi PON 2019, namun tim Sepatu Roda Sumbar tetap pulang dengan kepala tegak. Pasalnya, pada BK PON  yang di gelar di International Skating Rink, Grand Wisata Tambun Bekasi Jawa Barat itu, dari tanggal 10-15 September 2019 tersebut, tim Tuah Sakato tampil tanpa beban. 

"Hasilnya memang belum memuaskan, tapi ini bukan akhir segalanya. Masih banyak waktu untuk memperbaiki segala kekurangan. Karena sepatu roda merupakan olahraga terukur, tak bisa instan," ucap Arfan Rosyda manager tim sepatu Roda Sumbar, Senin (16/9). 

Bertanding di kompetisi resmi PB Porserosi, dirinya mengakui atlit sepatu roda Sumbar memang banyak kekurangan dibandingkan dengan tim dari provinsi lain. Terutama dalam masalah persiapan jelang kompetisi yang sangat singkat. 

"Ketika tim lain sudah fokus mematangkan persiapan dengan menggelar berbagai try out ke luar negeri, kami masih disibukkan dengan berbagai persoalan remeh temeh, seperti menggalang dana untuk keberangkatan," kata ketua bidang pertandingan dan perwasitan Pengprov Porserosi Sumbar ini.

Pihaknya mengaku tidak terbebani dengan target, karena sejak awal, tim yang dikomandoi oleh pelatih Wandi Malin itu tidak mendapat sokongan dana sepeserpun dari APBD melalui hibah Koni Sumbar. Bahkan sejak pelatda dimulai dua bulan yang lalu, para atlit, pelatih dan official mengandalkan dana pribadi, termasuk untuk berangkat mengikuti BK PON di Bekasi.

Kondisi inilah yang kemudian melecut semangat para atlit memeras keringat menghadapi para master yang memiliki nama besar di arena sepatu roda Indonesia." Banyak pengalaman yang kami dapat di sini. Ini penting untuk kemajuan olahraga Sumbar di masa mendatang, karena atlit yang kami bawa adalah putra daerah," tambah Arfan.

Terkecuali itu, Arfan berharap seluruh pengkab/pengkot Porserosi se Sumatera Barat tetap solid dalam melakukan pembinaan di daerah masing-masing dalam melahirkan atlit-atlit potensial di masa mendatang.

"Saya tidak ingin, kejadian seperti di Bekasi kemaren terjadi lagi. Ada pihak luar yang mencoba memecah belah tim Sumbar. Ke depan, saya ingin tim ini benar-benar solid," ucapnya. 

Dukungan Sponsor Didimex Berjangka

 

Jelang keberangkatan ke ajang BK PON, tim yang beranggotakan 12 atlit ditambah 4 orang pelatih dan official itu nyaris putus asa untuk mendapatkan kostum seragam tanding, karena minimnya pendanaan. Namun kehadiran sponsor dari PT Didimex Berjangka Pekan Baru kembali menumbuhkan motivasi baru bagi kontingen untuk tampil percaya diri. 

"Awalnya sempat akan tampil dengan seragam tanding daerah masing-masing. Alhamdulillah seminggu jelang keberangkatan kami dapat dukungan seragam dari PT Didimex Berjangka Pekan Baru. Ini sangat membantu dalam membangkitkan kepercayaan diri atlit," kata pelatih Wandi Malin. 

Terhadap bantuan itu, pimpinan PT. Didimax Berjangka Pekanbaru Hendri Putra yang dihubungi terpisah menyebutkan, bantuan itu merupakan bentuk dukungan perusahaan yang bergerak dalam bidang kurs dan investasi itu kemajuan olahraga sepatu roda Sumatera barat. " Ini bentuk kepedulian kami terhadap olahraga sepatu roda  di Sumbar. Semoga anak- anak bisa berprestasi tinggi di olah raga  ini di masa mendatang," kata Hendri. 

Dia menyebutkan, perusahaan yang berkantor pusat di Bandung Jawa Barat ini tetap konsisiten memberikan dukungan terhadap dunia olahraga di Sumbar, terutama cabor sepatu roda. Saat ini kata dia, PT Didimax Berjangka juga menjadi salah satu sponsor dari tim sepakbola Liga 1 nasional kebanggaan kota Bandung, Persib Bandung. "Hal ini tak lepas dari dukungan bapak Yadi Supriyadi dan bapak Hardi Ikromullah sebagai dewan komisaris PT Didimax Berjangka," ujarnya. (h/san)


 Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM