Pasar Modern Pessel Harus Bersih dan Terawat


Senin, 16 September 2019 - 16:52:21 WIB
Pasar Modern Pessel Harus Bersih dan Terawat BUPATI Hendrajoni bersama OPD terkait saat meninjau Pasar Balaiselasa bersama Camat Ranah Pesisir Zul Arsil. IST

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Hendrajoni menegaskan kepada pedagang pasar modren agar senantiasa memelihara bangunan dengan baik serta menjaga kebersihan lingkungan, seperti fasilitas toko dan sejumlah kios yang disediakan.

Menurutnya, sarana dan prasarana yang baik dan bersih, sebagai faktor penunjang untuk bersaing dengan pasar modren yang ada. Sehingga setiap pedagang yang menempatinya harus menjaga kebersihan, tidak banyak sampah dan tidak bau.

"Jika pasar bersih tentu masyarakat nyaman dan senang berbelanja. Sehingga perputaran uang akan terus meningkat dikalangan pedagang," ujar Bupati Hendrajoni saat meninjau Pasar Balaiselasa di dampingi Camat Ranah Pesisir Zul Arsil, Senin (16/9).

Selama ini, Bupati menilai jika lingkungan pasar kotor, maka masyarakat ataupun pembeli enggan memasuki pasar rakyat atau pasar modren untuk melakukan aktivitas jual beli.

Karena itu, diharapkan semua pihak berkomitmen untuk menjaga kebersihan di lingkungan pasar yang ada di setiap Kecamatan, serta menciptakan pasar modren menjadi pasar percontohan sebagai upaya memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat banyak.

"Saya tantang Pak Camat untuk menjadikan Pasar Balaiselasa ini sebagai pasar percontohan Kecamatan lain. Nanti akan kami cek lagi. Jika terlaksana bakal ada reward dari saya," tuturnya.

Bupati berharap, agar seluruh Pasar di daerah itu mampu memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat. Hal itu tak hanya sekadar keramahan saat aktivitas jual beli, namun juga terkait kebersihan dan keindahan.

"Untuk itu, kami meminta masyarakat dintingkat nagari dan kecamatan bersama-sama menjawab tantangan menjaga bangunan dan kebersihan pasar dari sampah, supaya masyarakat merasakan berbelanja di pasar modren sama dengan Mall yang ada di kota besar," katanya.

Selain menjaga kebersihan, lanjut Bupati, yang tak kalah pentingnya adalah menjaga keamanan masyarakat saat berbelanja di pasar. Sebab, faktor keamanan juga menjadi pertimbangan masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional.

"Pasar rakyat maupun pasar modren juga perlu meningkatkan keamanan. Jika perlu pasang CCTV untuk memantau geliat jual beli demi menjaga pasar dari tindakan yang mengganggu kenyamanan pengunjung," ujarnya.

Sementara itu, Camat Ranah Pesisir Zul Arsil mengaku siap melaksanakan tugas usai mendapat tantangan dari Bupati Hendrajoni. Ia berjanji pasar yang dikelola oleh pihaknya bakal bersih dan terbebas dari sampah.

"Saat ini kami memiliki dua petugas kebersihan yang cekatan. Meski Pasar Balaiselasa dilaksanakan pada Selasa dan Jumat, namun selalu terlihat bersih setiap harinya," katanya pada wartawan. (h/kis)


Reporter : Okis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM