Agam Tertinggi Dalam Sengketa Pemilu


Senin, 16 September 2019 - 16:54:17 WIB
Agam Tertinggi Dalam Sengketa Pemilu Sosialisasi Fasilitasi, Publikasi dan Dokumrntasi Pengawasan pemilu 2019, di Lubuk Basung, Senin (16/9). DAYAT
AGAM, HARIANHALUAN.COM - Partitisipasi masyarakat sangat penting, dalam membantu memberikan  pengawasan dalam pelaksaan pemilihan umum. Dalam pelaksanaan pemilihan  kemarin pelanggaran pemilu tidak lepas dari peran serta laporan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen dalam Sosialisasi Fasilitasi, Publikasi dan Dokumrntasi Pengawasan pemilu 2019, di Lubuk Basung, Senin (16/9).
 
Ia menjelaskan, dalam pemilihan masyarakat sangat banyak terlibat, mulai dari tahapan sampai pemutakhiran kemudian merekalah yang langsung bersentuhan di bawah baik dengan caleg maupun tokoh politik lainnya.

Dikatakan Surya, misalnya politik uang, sasaran politik uang masyarakat, pertemuan tatap muka yang paling banyak melibatkan masyarakat. " Terkadang tidak sedikit dari sengketa dalam pemilu berawal dari laporan masyarakat, seperti adanya politik uang, kampanye hitam dan lainnya," jelasnya.

Menurutnya, masyarakat merupakan corong informasi awal. Selain itu pihaknya juga mengapresiasi peran media yang aktif menjalankan fungsi kontrol dalam pemilihan kemarin.

Dalam pelaksanaan pemilihan tahun mendatang hendak partisipaai masyarakat maupun sthakholder lain seperti media diharapkan semakin meningkatkan perhatian termasuk dalam pengawasan.

Ia menambahkan, penindakan sengketa tertinggi  ada di wilayah Agam, yaitu sebanyak 8 sengketa. Dimana 3 diantaranya sudah proses mediasi dan 5 sisanya sudah ajudikasi. Serta ada 22 pelanggaran yang terdiri dari 16 laporan dan 6 temuan pelanggaran Pemilu.

Kegiatan dibuka oleh  itu Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan, hadir kesemoatan itu komisioner, Hendra Susilo, Eri Efendi, Octa Muhlia, Iska Asmarni. (h/yat)

loading...
Reporter : Rahmat Hidayat /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]