Sempat Ditanami Pohon Pisang, Ruas jalan Lubuak Batingkok Mulai Diperbaiki


Senin, 16 September 2019 - 17:07:19 WIB
Sempat Ditanami Pohon Pisang, Ruas jalan Lubuak Batingkok Mulai Diperbaiki PERBAIKAN JALAN -- Jalan Kabupaten di Lubuk Batingkok, Kecamatan Harau, mulai diperlebar yang dikerjakan kontraktor Statikar. ZULKIFLI

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Ruas jalan kabupaten yang rusak di Nagari Lubuak Batingkok, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota yang sempat ditanami pohon pisang karena mengalami rusak parah. Kini dapat perbaikan, jalan tersebut bahkan diperlebat tahun yang dibiayai dana APBD tahun anggaran 2019 sebesar Rp4,5 miliar.

“Ruas jalan tersebut, kita perbaiki bahkan diperlebar sisi kiri dan kanan jalan sampai ke Nagari Koto Tuo, tetangganya Lubuk Batingkok,”ungkap Kepala Dinas PU/PR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman melalui Kepala Bagian Bina Marga setempat, Rilza Hanif dalam percakapan dengan Haluan beberapa hari yang lalu di kantornya.

Keluhan warga untuk perbaikan jalan di Nagari Lubuak Batingkok, yang sempat ditanami dengan pohon pisang tahun lalu. Namun sekarang jalan tersebut, sudah mulai dikerjakan pihak Kontrkator PT.Statika Padang. Perusahaan itu mengawali pekerjaan pelebaran jalan dengan menggali bahu jalan, ulas Rilza Hanif.

“Mudah mudahan perbaikan dan pelebaran jalan kabupaten ini rampung tepat waktu, sehingga hubungan ke IKK Sarilamak akan bertambah lancar. Masyarakat mudiak Limbanang, Suliki, Mungka yang jendak ke Ibu Kota Kabupaten, tak perlu lagi melalui Kota Payakumbuh, bias langsung ke lokasi IKK.

“Kita bersyukur perbaikan jalan kabupaten di Lubuak Batingkok sudah terealisasi, walau saat ini sedang dalam pekerjaan, dengan harapan warga setempat bersabar, sebab dalam pengerjaan jalan tersebut, bukan tidak mungkin terjadi kemacetan, akibat lalulalang kendaraan proyek dan hambatan lain sehingga perjalanan terganggu,”imbuhnya.

.Dikatakan, perbaikan jalan rusak tahun ini bukan hanya di Lubuak Batingkok semata, melainkan sampai ke Nagari Koto Tuo, berupa pelebaran jalan. Jadi jalan kabupaten yang melewati Nagari Koto Tuo, menuju ke Lubuak Batingkok, bakal diperlebar mejadi satu meter kiri dan kanan jalan.

Menurut Rilza Hanif, bersamaan dengan itu, juga dikerjakan pelebaran jalan dari simpang Tanjung Pat, ke Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau. Selain itu ada pekerjaan pembangunan jembatan di Nagari Maek menuju Jorong Nenan, pengganti jembatan rusak yang dihatam banjir beberapa waktu lalu. Jembatan tersebut dibiayai dengan dana APBD senilai Rp2,7 miliar.

Akhirnya jalan kabupaten rusak yang tersebar di beberapa kecamatan di Limapuluh Kota, secara bertahap diperbaiki, begitu juga dengan pemeliharaan jalan tengah berlangsung saat ini, ungkap Rilza Hanif. (h/zkf)

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]