Berkunjung ke Riau, Presiden Jokowi Disambut Pekatnya  Kabut Asap 


Senin, 16 September 2019 - 21:33:52 WIB
Berkunjung ke Riau, Presiden Jokowi Disambut Pekatnya  Kabut Asap  Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat mulus di tengah kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menyelimuti Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019) petang. ANTARANEWS.COM

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Di tengah kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang cukup pekat, Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendarat  di Bandara Sultan SyarifKasim II, Kota Pekanbaru, pada pukul 18.30 WIB, Senin( 16/9).

Presiden Jokowi melakukan kunjungan dadakan untuk meninjau kondisi kabut asap dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Saat memimpin rapat terbatas di Novotel Pekanbaru,  Senin malam,  Presiden Jokowi menekankan pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi menyinggung para aparat di daerah yang belum optimal menangani jika terjadi karhutla.

"Kita tahu, gubernur memiliki perangkat-perangkat sampai ke bawah, bupati dan wali kota, camat, kepala desa, pangdam, juga punya perangkat, danrem, dandim, ada koramil, babinsa, semuanya ada. Kapolda juga punya perangkat, baik kapolres, kapolsek, sampai bhabinkamtibnas. Semuanya ada. Belum yang di BNPB, belum yang di (kementerian) kehutanan. Kita memiliki semuanya. Tapi perangkat-perangkat ini tidak diaktifkan secara baik," ujarnya seoerti dikutip dari detik.com.  

Presiden berharap aparat daerah dioptimalkan untuk menangani karhutla. Jokowi tidak ingin kebakaran di lahan gambut semakin menjalar.

Presiden Jokowi menyebutkan, saat ini Provinsi Riau dinyatakan status siaga darurat akibat karhutla. Jokowi tidak ingin peristiwa ini menganggu aktivitas masyarakat.

"Riau telah dinyatakan status siaga darurat. Luas lahan yang terbakar juga mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini menganggu aktivitas penerbangan, sehingga berimbas kepada pertumbuhan ekonomi, aktivitas ekonomi di provinsi Riau," ujarnya. (dtc/ant)

loading...
 Sumber : Ant-Dtc /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 15:11:49 WIB

    Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya

    Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu periode Januari hingga Juni 2020 mencapai angka 11.740 orang. .
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 01:06:57 WIB

    April 2020, Tidak Ada Wisman Berkunjung ke Sumbar

    April 2020, Tidak Ada Wisman Berkunjung ke Sumbar HARIANHALUAN.COM -- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mengungkapkan bahwa mewabahnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 saat ini menyebabkan tidak adanya wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke provinsi itu melalui .
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 15:27:13 WIB

    Ada Desa Kobra Beneran, Berani Berkunjung?

    Ada Desa Kobra Beneran, Berani Berkunjung? BAN KOK SA-NGA, HARIANHALUAN.COM - Lagi ramai dan bikin takut soal ular kobra masuk ke pemukiman warga di Jakarta dan sekitarnya. Yang satu ini, dari namanya saja bisa bikin lebih ngeri: desa kobra!.
  • Jumat, 19 April 2019 - 20:55:27 WIB

    Februari,  5.155  Wisman Berkunjung  ke Sumbar

    Februari,  5.155  Wisman Berkunjung  ke Sumbar  PADANG, HARIANHALUAN.COM- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat sepanjang Februari 2019 sebanyak 5.155 orang wisatawan mancanegara (Wisman) datang ke Sumbar melalui Bandara Internasional Minang Kabau (BIM)..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]