Warga Sijunjung Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah


Selasa, 17 September 2019 - 16:01:03 WIB
Warga Sijunjung Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Rumah PERSONIL UPTD Laboratorium Dinas Perkim dan LH Kabupaten Sijunjung saat melakukan pengambilan sampel udara dengan alat staplex parameter 10 guna menguji kualitas udara yang terpapar kabut asap. IST

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Menyikapi terjadinya pencemaran udara akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah berdampak di Kabupaten Sijunjung. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) melakukan pengujian kualitas udara oleh UPTD. Laboratorium Lingkungan.

Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan alat staplex parameter 10 yang dilakukan di Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada diangka 57 dengan kategori sedang. Pengujian dilakukan selama kurun waktu 24 jam dengan kadar PM 63,89.

 

Kepala Dinas Perkim-LH Kabupaten Sijunjung, Riki Maineldi Neri melalui Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan, Yengki Rika Putra Utama menjelaskan, kualitas udara di Nagari Muaro sebagai pusat Kabupaten saat ini pada kondisi Sedang. "Hasil pengujian labor, kualitas udara untuk di Muaro masih pada kondisi sedang di angka ISPU 57," tuturnya kepada awak media, Selasa (17/9).

 

Pihaknya menjelaskan ada lima tingkatkan kualitas udara. "Di angka 1-50 sebagai kategori baik, 51-100 sedang, 101-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat dan diatas 300 menandakan berbahaya. "Meskipun masih dalam kategori sedang, namun sebagai upaya pencegahan penyakit ISPA disarankan agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah," jelasnya.

 

Selanjutnya, hasil pengujian labor tersebut diserahkan kepada pihak Dinas Kesehatan dan diajukan kepada Bupati untuk tindakan lebih lanjut. "Hasilnya nanti akan dibahas oleh Dinas Kesehatan dan diserahkan kepada Bupati terkait tindakan dan langkah yang akan diambil, dan untuk penanggulangannya, nanti di pihak Dinas kesehatan dan BPBD," tambahnya. (h/ogi)

loading...
Reporter : Ogi /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]