Giliran Sawahlunto Mulai Terpapar Kabut Asap


Selasa, 17 September 2019 - 16:02:57 WIB
Giliran Sawahlunto Mulai Terpapar Kabut Asap PENGUKUR SUHU - Ka TU UPTD Labling DPKP2LH Sawahlunto, tengah memasang alat pengujian manual aktif untuk mengukur ISPU terkait kabut asap yang mulai melanda Sawahlunto. IST

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Menyikapi kabut asap yang mulai merambat ke Kota Sawahlunto, Walikota Deri Asta mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menggunakan pelindung pernapasan atau masker. Selain itu Wako juga mengajak masyarakat untuk tidak menambah kuantitas asap dengan melakukan pembakaran, baik sampah maupun lahan dan hutan.

 

"Tetap menjaga kebugaran tubuh, dengan mengkonsumsi air putih, makanan dan vitamin yang dobutuhkan tubuh, beristirahat yang cukup. Kalaupun harus beraktivitas diluar ruangan baiknya gunakan masker dan kacamat," ujarnya saat apel KORPRI dilapangan Ombilin, Selasa (17/9).

 

Deri juga menyebutkan, masyarakat untuk tetap berperilaku hidup sehat dan bersih.

"Jika terjadi terjadi gangguan kesehatan seperti sesak napas, agar segera berobat ke Puskesmas terdekat," ucapnya.

 

Sementara itu, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto telah melakukan pengujian kualitas udara melalui UPTD Laboratorium Lingkungan.

 

Berdasarkan hasil pengujian manual aktif dengan metode grafimetri yang dilakukan per 24 jam, didapat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) kategori sedang, masih dibawah ambang baku mutu.

 

"Pengukuran kualitas udara ambien pada 14 - 15 September 2019 didapat Konsentrasi PM10=27,77 Mikrogram/m3. ISPU PM10=13,88 berada pada kategori BAIK dan Ambang batas BML (baku mutu lingkungan) untuk PM10=150 Mikrogram/m3. Artiannya masih dalam kategori baik. Meski masih kategori sedang lanjutnya, disarankan agar masyarakat mengurangi aktifitas diluar ruangan," kata Kepala DPKP2LH Kota Sawahlunto melalui Ka TU labor Lingkungan, Andri Maha Putra kepada Haluan, Selasa (17/9). (h/rki)


Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM