Dilanda Kemarau, Umat Islam Mentawai Salat Istighosah


Selasa, 17 September 2019 - 16:13:40 WIB
Dilanda Kemarau, Umat Islam Mentawai Salat Istighosah Ustaz Jel Fatullah memberikan ceramah usai salat istighosah. IST

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah Umat Muslim di Kepulauan Mentawai mengadakan salat istighosah bermunajat memohon kepada Allah SWT, agar diturunkan hujan, Selasa (17/09) di lapangan Desa Sido Makmur, Kacamatan Sipora Utara.

 

Pasalnya selama kurun waktu lebih dari tiga bulan lamanya hujan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai secara umum tidak turun, khususnya di Desa Sido Makmur, Kacamatan Sipora Utara, akibatnya hampir merata sumur warga di wilayah itu mengering, dan terpaksa mengambil air di sungai terdekat.

 

M. Mujamma’ul Khair Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di Kepulauan Mentawai mengatakan kepada wartawan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya dari umat muslim untuk memohon pertolongan kepada Allah swt, agar diberikan rahmat dan karunianya untuk diturunkan hujan.

 

"Ini merupakan salah satu salat sunnah muakkadah artinya salah satu salat yang dianjurkan, jadi tujuan kita melakan salat ini yakni memohon pertolongan kepada Allah agar diturunkan hujan, kemudian mendekatkan diri kepada Allah, memperbaiki diri, seandainya ada diantara kita yang sudah berbuat dzolim mari kita perbaiki diri, " kata pria yang akrab disapa Ul itu.

 

Ia menyebutkan kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari kolaborasi antara unsur pemuka agama islam dan Masyarakat di wilayah setempat, dimana kondisi cuaca kemarau panjang yang melanda negeri ini merupakan satu benca yang diyakini sebagai teguran dari Allah SWT kepada umat, kendati demikian masih ada sumber mata air dibeberapa titik tertentu, sehingga sebagian warga masih mendapatkan air, hanya saja dampak kemarau mulai dirasakan oleh petani.

 

Salat Istighosah yang dilaksanakan ditengah terik matahari pagi di lapangan Desa Sido Makmur tersebut dipimpin langsung oleh Ustad Ahmad Sunaini dan berjalan dengan hikmat, selanjutnya diisi dengan ceramah oleh Syeikh Almukarrama Ust.Jel Fatullah, Lc,MA.

 

Dalam ceramahnya ia mengajak umat muslim untuk bermunajat kepada Allah, karena tidak ada kekuatan apa pun yang melebihi dari kekuatan Allah, "Kemarau panjang yang terjadi sekarang ini merupakan ujian dan teguran dari Allah SWT, jadi langkah yang harus kita lakukan adalah mendekatkan diri kepada Allah menjauhi maksiat dan larangan-larangannya," paparnya.

 

Turut hadir dalam kegiatan salat istighosah tersbeut Assisten III Sekertariat Daerah Mentawai Pudjo Rahardjo, Kepala Desa Sido Makmur, unsur pemuka agama islam di Kepulauan Mentawai serta masyarakat setempat. (h/red)


Reporter : Redi /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 April 2019 - 15:58:11 WIB

    Sejumlah Daerah di Pasbar Dilanda Banjir

    Sejumlah Daerah di Pasbar Dilanda Banjir PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Akibat intensitas hujan tinggi beberapa hari terakhir membuat beberapa wilayah di Pasbar banjir. Jika hujan terus mengguyur Pasbar, dikawatirkan dampak banjir akan meluas. Namun, saat ini baru Kecam.
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:42:43 WIB
    WARGA MULAI MENGELUH

    Situjuah Dilanda Kekeringan

    SITUJUAH, HALUAN — Kemarau pan­jang yang melanda Luak Nan Bungsu beberapa bulan belakangan, mulai berim­bas buruk. Kekeringan parah melanda. Situjuah Limo Nagari yang biasanya subur, berubah tandus. Jangankan untuk mengai.
  • Rabu, 20 Juli 2016 - 02:50:21 WIB

    Kelok Sambilan Dilanda Longsor

    LIMAPULUH KOTA, Haluan — Diduga akibat tingginya curah hujan beberapa hari terakhir ini dikawasan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, sehingga menyebabkan terjadinya tanah longsor. Longsor tersebut menimpa ruas jalan Sumbar-R.
  • Selasa, 07 Juni 2016 - 17:18:52 WIB

    Pantai Ketaping Dilanda Gelombang Pasang

    Pantai Ketaping Dilanda Gelombang Pasang PADANG PARIAMAN, HALUAN -- Pasang naik melanda pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai Padang Pariaman. Namun kenaikan air laut tersebut dalam batas yang wajar..
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 03:36:16 WIB

    Petani Desa Marunggi Dilanda Krisis Air

    PARIAMAN, HALUAN — Pasca banjir, sebagian pe­tani padi sawah di desa Marunggi harus bersabar beberapa waktu untuk dapat suplay air secara maksimal, karena Dam Parit yang dibangun tahun 2014, ter­bongkar se­pan­jang 15 m.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM