SDN 04 Garegeh Terbakar, Satu Orang Meninggal


Selasa, 17 September 2019 - 16:34:09 WIB
SDN 04 Garegeh Terbakar, Satu Orang Meninggal Petugas pemadam kebakaran dibantu beberapa personil TNI, Polisi, Satpol PP, PMI, Linmas, Tagana, driver gojek dan masyarakat sekitar tengah membersihkan puing-puing sisa kebakaran SDN 04 Garegeh, Selaa(17/9). wetrizon
BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - SDN 04 Garegeh Bukittinggi terbakar, Selasa(17/9) pagi. Salah seorang warga, Julius(71) meninggal dunia akibat terkena serangan jantung saat hendak menjemput cucunya kesekolah tersebut. 
 
Bhabinkamtibmas Kelurahan Garegeh Aiptu Hutri Sony membenarkan hal tersebut. Menurutnya, melihat api dan kepulan asap membesar, Julius yang tinggal tidak jauh dari sekolah tersebut langsung berlari menjemput cucu kesayangannya ke sekolah tersebut. Diduga karena panik dan terkena serangan jantung, Julius pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Nyawa Julius tak tertolong, Julius menghembuskan nafas terakhir sebelum mendapat pertolongan medis.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, 5 ruangan diantaranya, 1 ruang kesenian, 1 kantin, 1 ruang penyimpanan/ruang olahraga, 1 rumah dinas guru dan 1 unit bank sampah ludes terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai 500 juta rupiah. Penyebab kebakaran saat ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.
 
Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh salah seorang guru yang tengah mengawas ujian berdekatan dengan sumber api yang berasal dari ruang penyimpanan atau gudang yang berisi alat olahraga dan alat kesenian.
 
Melihat asap yang semakin membesar, guru tersebut langsung memberitahu seluruh warga sekolah dan pihak sekolah langsung menghubungi pemadam kebakaran. Saat kejadian tersebut, seluruh murid yang tengah mengikuti ujian mid semester, dikumpulkan dilapangan yang berada cukup jauh dari ruangan yang terbakar.
 
11 unit pemadam kebakaran yang terdiri dari 7 unit damkar Bukittinggi, 3 unit damkar Agam dan 1 unit damkar Payakumbuh berjibaku memadamkan api. Terlihat juga beberapa personil TNI, Polisi, Satpol PP, PMI, Linmas, Tagana, driver gojek dan masyarakat sekitar turut membantu memadamkan api dan membersihkan puing-puing kebakaran.
 
Kepala SDN 04 Garegeh Eva Safrina menjelaskan, pagi itu seluruh siswa sudah berada didalam kelas untuk mengikuti ujian mid semester. Ketika diketahui ada kebakaran, seluruh siswa langsung diinstruksikan untuk keluar kelas dan berkumpul dilapangan. Selanjutnya, seluruh siswa dipulangkan.
 
“Sumber api tidak diketahui. Guru yang petama kali mengetahui peristiwa kebakaran itu hanya melihat asap yang telah mengepul keluar dari atap gudang. Kemudian api membesar dan membakar ruang kesenian, kantin dan rumah dinas yang dihuni oleh Effendi, guru agama. Hanya sebagian kecil barang yang sempat diselamatkan, sebab api cepat membesar. Kebetulan istri effendi sedang berada dirumah sakit karena baru melahirkan semalam, jadi rumah dinas kosong,” katanya.
 
Menurut Eva, proses belajar mengajar kedepan akan tetap berlangsung seperti biasa, sebab tidak ada ruangan kelas yang terbakar. (h/wet)

loading...
Reporter : Wetrizon /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Juli 2020 - 15:44:57 WIB

    Dilanda Hujan Deras, Loteng SDN 17 Pandan Agam Ambruk

    Dilanda Hujan Deras, Loteng SDN 17 Pandan Agam Ambruk HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam pada Minggu (19/7/2020) lalu menyebabkan plafon loteng ruangan di Sekolah Dasar Negeri 17 Pandan, Kecamatan Tanjung Ray.
  • Senin, 17 Februari 2020 - 09:00:42 WIB

    BPBD Sawahlunto Belum Respon Longsor, Akses ke SDN 07 Talago Gunung Terganggu

    BPBD Sawahlunto Belum Respon Longsor,  Akses ke SDN 07 Talago Gunung Terganggu SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Puluhan murid dan guru SDN 07 Talago Gunung Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto tepaksa harus melewati jalan darurat menyusuri tebing, akibat akses jalan masuk ke sekolah tersebut tertimbun mater.
  • Senin, 09 Desember 2019 - 12:41:47 WIB

    SDN 10 Talantam Terendam Banjir, Ujian Ditunda

    SDN 10 Talantam Terendam Banjir, Ujian Ditunda SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - SDN 10 Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan, Sangir Batang Hari Solsel terendam banjir pada Minggu (8/12). Kepala Dinas Pendidikan Solsel, Zulkarnaini pada haluan.com, Senin (9/12) membe.
  • Senin, 02 Desember 2019 - 17:04:15 WIB

    Aparat Kawal PBM di SDN 22 Pasbar, Ada Apa Ya?

    Aparat Kawal PBM di SDN 22 Pasbar, Ada Apa Ya? PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Proses Belajar Mengajar (PBM) di SD N 22 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Senin (2/12) memang kembali normal. Namun, PBM di sekolah tersebut dikawal oleh aparat gabungan yang terdiri dari Kepolisian,.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]