Disdik Limapuluh Kota Kekurangan Guru


Kamis, 19 September 2019 - 17:10:19 WIB
Disdik Limapuluh Kota Kekurangan Guru Kadis pendidikan, Indrawati

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati mengatakan, sekolah-sekolah yang ada di Limapuluh Kota, masih membutuhkan seribuan lagi guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). Kebutuhan guru terbesar berada di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan diikuti untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di beberapa kecamatan.

Untuk SD kabupaten ini masih kekurangan guru sebanyak 826 orang. Kebutuhan guru tersebut, diantaranya terjadi di wilayah Kecamatan Kapur IX, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Gunung Omeh, Bukik Barisan dan lainnya yang selama ini banyak diisi oleh guru honorer.

"Secara keseluruhan kita kekurangan guru PNS di Limapuluh Kota, sebanyak 1.054 orang termasuk guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), seperti guru olahraga, BK, bahasa Indonesia, guru Agama, IPA, bahasa Inggeris dan lain," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati dalam percakapan dengan Haluan di SMP 1 Luak.

Dikatakan, sekolah tingkat SD dan SMP selama ini masih ada yang diisi oleh guru yang berstatus honorer. Sedangkan status ASN hanya beberapa orang dalam setiap sekolah Ia menjelaskan, jumlah guru SD dan SMP sebanyak itu untuk memenuhi kategori ideal
formasi guru di semua sekolah SD dan SMP di kabupaten ini.

Upaya mengatasi kekurangan guru itu, pihaknya sudah mengajukan permintaan penerimaan ASN untuk formasi tenaga pendidikan tingkat SD dan SMP ke pemerintah pusat. Diharapkannya pemerintah pusat segera membuka penerimaan ASN guru. Akhirnya, kebutuhan guru ASN untuk SD dan SMP di Luak nan Bungsu ini terpenuhi.

"Kita sudah ajukan soal kekurangan formasi guru ini ke pusat, mudah-mudahan segera dibuka untuk pemerataan guru PNS, utamanya untuk mengisi kekurangan guru pada daerah daerah yang jauh dari pusat pemerintahan di Sarilamak,” tutur Indrawati lagi.

Menurut Indrawati, selama ini kebutuhan guru untuk sekolah cukup dibantu oleh guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). "Sekarang sedikit terbantu dengan P3K, mereka sudah ditempatkan. Lagipula Tahun 2018 lalu sudah ada sebanyak 172 orang guru PNS untuk kabupaten 50 kota," sebutnya.

Bicara sekaitan dengan kabut asap yang masih pekat di Limapuluh Kota, Kadis Pendidikan Indrawati, mengajak pihak sekolah dan orang tua murid untuk melaksanakan Sholat Istisqa (Sholat Minta Hujan) disaat musim kemarau berkepanjangan terjadi, Salat Istisqa meminta doa untuk meminta hujan kepada Allah SWT.

“Kita berharap pihak sekolah melaksanakan shalat minta hujan dengan melaibatkan orang tua murid. Mengenai kabut asap ini pihaknya belum meliburkan siswa siswi baik SD maupun SMP. “Kita bekerjasama dengan Lingkungan Hidup dan BPBD, seandainya kabut asap semakin pekat dan membahayakan kesehatan mereka, bukan tidak mungkin sekolah diliburkan, imbuhnya. (h/zkf)

 

 


Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Mei 2019 - 15:31:14 WIB

    Kadisdik Sumbar Minta Dukungan Daerah

    Kadisdik Sumbar Minta Dukungan Daerah .
  • Rabu, 12 April 2017 - 11:31:21 WIB

    DPRD Segera Panggil Disdik Soal Komputer UNBK

    DPRD Segera Panggil Disdik Soal Komputer UNBK PAINAN,HALUAN—DPRD Sumbar akan segera memanggil Dinas Pendidikan Sumbar untuk mencari solusi penggadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehingga, tahun depan semua sekolah SMA dan SMK sud.
  • Senin, 07 November 2016 - 00:54:54 WIB

    Atasi Pungli, Disdik Diminta Rancang Sistem Evaluasi

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Upaya perbaikan dan pembenahan terhadap pelayanan birokrasi khususnya di lingkungan pendidikan terus diterapkan Pemkab Limapuluh Kota. Diantaranya, upaya pemberantasan pungutan liar di lingkungan se.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:26:32 WIB
    BERPIDATO ADAT MINANGKABAU

    Disdikbud Sumbar Gelar Kompetensi Antar Pelajar

    BUKITTINGGI, HALUAN — Saat ini, generasi muda sudah tidak tertarik lagi dengan hal-hal yang berbau adat Minangkabau. Mereka sudah tidak mengenal dan tidak mau lagi mempelajari adat budaya Minangkabau secara mendalam, yang.
  • Kamis, 02 Juni 2016 - 16:27:02 WIB

    Disdik Sijunjung Gelar Seminar Nasional

    Disdik Sijunjung Gelar Seminar Nasional SIJUNJUNG, HALUAN- Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung menggelar seminar nasional peningkatan keprofesionalan guru jenjang pendidikan SMA/MA dan SMK di gedung pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Kamis (2/6)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM