Mantan Kapolres Bukittinggi Dilepas Penuh Rasa Haru


Jumat, 20 September 2019 - 23:26:54 WIB
Mantan Kapolres Bukittinggi Dilepas Penuh Rasa Haru Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso salam komando dengan mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana usai mengelar upacara Farewell Parade di Mapolres Bukittinggi, Jumat (20/9) YURSIL.

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Suasana haru sangat kental terasa ketika melepas kepergian Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana di halaman Mapolres Bukittinggi, Jumat (20/9).

Satu persatu anggota Polres Bukittinggi dan anggota Bhayangkari yang berbaris disalami oleh Arly dan istri  dalam acara tradisi pedang pora.  Tidak sedikit dari anggota Polres maupun ibu ibu Bhayangkari yang larut dalam suasana haru, sesekali terlihat Arly dan istri mengusap air mata yang berlinang di kelopak matanya. 

Tidak hanya itu, wartawan yang sering mangkal di Polres Bukittinggi juga merasa terharu dan merasa kehilangan, sebab selama Arly menjabat Kapolres Bukittinggi hampir 3 tahun, ia dikenal sangat dekat dengan kalangan media.

Selama 2 tahun 10 bulan menjabat Kapolres Bukittinggi, Arly telah banyak menorehkan prestasi Kota Wisata ini. Ia pun berhasil menjadikan Polres Bukittinggi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Tak sampai disitu, ia juga berhasil mengungkap kasus kasus besar yang meresahkan warga kota, diantaranya pengungkapan kasus perampokan Rp3,5 milyar di Bank Syariah Mandiri (BSM) KCP Aur Kuning. Ia juga berhasil menangkap pelaku Begal yang sedang marak maraknya di Bukittinggi. Baru baru ini ia pun berhasil mengungkap pelaku, mayat yang ditemukan di dalam selokan.

Selain itu, pengungkapan kasus  Narkotika boleh dikatakan setiap hari dilakukan penangkapan terhadap pengedar maupun pemakai yang dikomandoi oleh Kasat Narkoba Polres Bukittinggi AKP Pradipta Putra Pratama. 

Atas prestasinya itu,  tahun lalu Pemko Bukittinggi memberikan penghargaan kepada Polres Bukittinggi atas prestasinya mengungkap kasus peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Bukittinggi. 

"Bapak Arly telah banyak berbuat untuk masyarakat Bukittinggi, beliau adalah mitra wartawan yang selalu menjadi narasumber kami, selama ini beliau tidak pernah menolak apabila kita minta konfirmasi berita dan beliau pun tidak pernah melakukan intervensi terhadap kerja para jurnalis. Selamat jalan Bapak Arly semoga sukses ditempat baru," kata Ketua PWI Bukittinggi Asril Gindo.

Ia menilai, Arly itu sangat tanggap dengan permasalahan di Kota Bukittinggi, buktinya kasus begal yang meresahkan masyarakat, hanya hitungan  hari pelakunya dapat diringkus, sehingga tidak ada lagi pelaku yang muncul. 

"Satu lagi prestasi Arly adalah proses penggusuran puluhan rumah di stasiun kereta api pada tahun 2017 lalu yang berlangsung aman, meskipun ada penolakan dari pemilik rumah," ungkap Asrial Gindo yang juga wartawan Singgalang.

Mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana dipromosikan sebagai Wakil Direktur (Wadir) Reserse Kriminal Umum Polda Bangka Belitung (Babel), jabatannya digantikan oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Iman Pribadi Santoso.

"Ada kesan yang tidak bisa saya lupakan selama berdinas di Bukittinggi ini, terutama keramah tamahan masyarakat.  Selain itu, banyak suka dan duka dengan anggota selama saya disini, kita tidak ada yang sempurna, oleh sebab itu saya minta maaf kepada masyarakat Bukittinggi  jika ada pelayanan yang kurang sempurna. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung tugas tugas kepolisian," kata Arly.

Sementara itu, Kapolres Bukittinggi yang baru AKBP Iman Pribadi Santoso menyatakan komitmennya untuk tetap melanjutkan program program Kapolres yang lama. karena ia menilai program program tersebut sudah sangat baik, dan kalau bisa akan ditingkatkan lagi.

"Program program yang telah dicanangkan oleh Bapak Arly merupakan langkah langkah preventif atau pencegahan dari segala bentuk ancaman Kamtibmas," ungkapnya.(h/ril)

loading...
Reporter : YURSIL /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]