Kecamatan Koto Baru Akan Gelar Shalat Istisqa Serentak Seluruh Nagari


Sabtu, 21 September 2019 - 01:17:45 WIB
Kecamatan Koto Baru Akan Gelar Shalat Istisqa Serentak Seluruh Nagari Rapat koordinasi bersama Forkopimcam membahas kebakaran hutan dan lahan di Kantor Camat Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. dok/Maryadi Akan Gelar Shalat Istisqa Serentak Seluruh Nagari

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM –Camat Koto Baru Berlian Oemar dimana wilayahnya merupakan salah satu wilayah terdekat dengan Provinsi Jambi, tanggap dengan mengadakan rapat koordinasi bersama Forkopimcam, terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), pemicu kabut asap tersebut.

"Kami tadi sudah melaksanakan rapat koordinasi, yang dimana salahsatunya adalah melaksanakan Shalat Istisqa atu shalat minta hujan, yang dilaksanakan serentak diseluruh nagari yang ada di Kecamatan Koto Baru," ungkap Camat Koto Baru, Berlian Oemar, kepada Haluan, Jum'at (20/09), di Koto Baru.

Dijelaskannya, selain meminta kepada sang Khaliq, sebagai bahagian dari pemerintah dan sesuai dengan instruksi dai atas menghimbau dan mengajak masyarakat agar tidak membakar lahan, baik untuk perladangan, kebun dan bahkan membakar sampah, demi mengurangi kabut asap yang sudah membuat sesak nafas.

Kemudian katanya, apabila terjadi pembakaran lahan agar segera menghubungi pihak pihak yang berkompeten, seperti Babinkamtibmas dan Babinsa yang ada di nagari nagari, agar kebakaran tidak meluas.

Selain itu kata putra Koto Baru ini, ia menekankan bahwa pembakaran lahan merupakan pidana, oleh sebab itu saat ini tidak dapat main main dengan pembakaran lahan.

Sedangkan untuk mengatasi kekeringan, ia minta walinagari segera mengajukan permohonan kepada BPBD atau camat untuk dapat menurunkan tangki air bersih ke titik sasaran, hal tersebut katanya,sudah berlangsung sejak kekeringan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, dr.Rahmadian, sudah menghimbau dan memberikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai media, agar mengurangi aktifitas diluar rumah karena kualitas udara semakin memburuk, apabila terpaksa pakailah masker.

Karena sudah ribuan masker yang beredar dibagikan oleh pihak pihak, baik pemerintah maupun swasta."Kalau masih harus keluar rumah, agar memakai masker,"tutup Rahmadian. (*)


Reporter : Maryadi /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM