Nasib Malang Calon Guru, Mendikbud Pastikan Tak Ada Lagi Pengangkatan Guru Honor


Sabtu, 21 September 2019 - 22:20:50 WIB
Nasib Malang Calon Guru, Mendikbud Pastikan Tak Ada Lagi Pengangkatan Guru Honor Mendikbud, Prof. Muhadjir Effendi

BATAM, HARIANHALUAN.COM – Pada 2019 ini pemerintah meniadakan pengangkatan guru honorer di seluruh wilayah Indonesia. Hal itu disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Muhadjir Effendi pada launching program digitalisasi sekolah di Gedung Sri Srindit Ranai, kemarin.

“Mulai tahun ini tidak boleh lagi ada pengangkatan guru honor, karena pengangkatan ini sudah distop oleh pemerintah,” kata Menteri Effendi seperti diberitakan Haluankepri.com (Haluan Media Group), Kamis (19/9).

Ia kemudian mengingatkan seluruh kepala daerah se-Indonesia agar tidak lagi mengangkat guru honor di wilayah pemerintahanya.

“Dengan ini saya ingatkan kepada pak Bupati dan sekolah-sekolah agar tidak lagi mengangkat guru honor. Tapi kalau tenaga honor untuk yang lainnya, boleh. Silahkan saja,” jelasnya.

Menteri Muhadjir mengungkapkan penyetopan itu dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di kalangan guru honor.

“Pemerintah mau menyelesaikan masalahnya dulu seperti mekanisme penggajian dan soal-soal lainnya. Kami sedang berupaya agar gaji guru honor ini tidak lagi menggunakan dana BOS, tapi menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) biar sama dengan PNS.

Namun begitu, ia menegaskan Indonesia tidak boleh kekurangan guru, pemerintah akan tetap berupaya sehingga tenaga guru tidak sampai kurang.

“Tapi pengangkatan guru PNS akan tetap dilaksanakan setiap tahun, alasannya untuk mengganti guru-guru yang sudah memasuki masa pensiun. Kita tidak boleh kekurangan guru di Indonesia,” ucapnya mengakhiri. (*)

Reporter : Fat /  Sumber : haluankepri /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 23:16:31 WIB

    Gimana Nih Nasib Tol Trans Sumatera? Kontraktor Sebut Proyek Tersebut Tak Layak Finansial

    Gimana Nih Nasib Tol Trans Sumatera? Kontraktor Sebut Proyek Tersebut Tak Layak Finansial HARIANHALUAN.COM - Tol Trans Sumatera (JTTS) adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah dibangun sejak tahun 2015. Salah satu proyek andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) ata.
  • Kamis, 09 Juli 2020 - 12:49:31 WIB

    Redenominasi Rupiah, Bagaimana Nasib Pecahan Uang Rp 500 dan Rp 100?

    Redenominasi Rupiah, Bagaimana Nasib Pecahan Uang Rp 500 dan Rp 100? HARIANHALUAN.COM - Wacana untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah kembali bergulir. Dalam kajiannya redenominasi di Indonesia akan diterapkan dengan cara menyederhanakan nilai rupiah dengan mengurangi tiga angka nol sep.
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 08:00:59 WIB

    Wah! Nasib PNS Kini Sudah Ada di Tangan Presiden Jokowi

    Wah! Nasib PNS Kini Sudah Ada di Tangan Presiden Jokowi HarianHaluan.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam aturan ini ada sej.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 14:51:08 WIB

    Nasib Gaji ke-13 PNS Diputuskan November 2020

    Nasib Gaji ke-13 PNS Diputuskan November 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemungkinan baru memutuskan kebijakan pemberian gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), seperti PNS, TNI, dan Polri pada Oktober atau November 2020..
  • Jumat, 17 April 2020 - 13:19:45 WIB

    Jika Haji Batal, Bagiaman Nasib Uang Setoran Pelunasan?

    Jika Haji Batal, Bagiaman Nasib Uang Setoran Pelunasan? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR membahas opsi skenario penyelenggaraan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19. Ada tiga skema yang muncul yaitu haji terus berjalan seperti biasa, berjal.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]