Kualitas Udara di Pasbar Sudah Tak Sehat


Ahad, 22 September 2019 - 16:37:28 WIB
Kualitas Udara di Pasbar Sudah Tak Sehat KONDISI Pasbar pada Minggu (22/9), terlihat kabut asap mulai menyelimuti pemukiman warga. IST

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengeluarkan imbauan terkait ancaman kabut asap terhadap siswa siswi di Sekolah.

"Meski imbauan itu belum dilakukan secara tertulis dan di edarkan ke Sekolah-sekolah, namun telah saya sampaikan melalui group whatsapp," kata Kadisdikbud Pasbar, Marimus.

Ia mengaku, hal itu penting dilakukannya karena melihat kondisi udara di Pasbar mulai terasa sudah tidak sehat. Ini salah satu upaya untuk antisipasi dan penanggulangan terhadap dampak kabut asap kiriman agar tidak ada jatuhnya korban terhadap pelajar.

 

"Saya tidak ingin ada jatuhnya korban terlebih dahulu baru diambil tindakan, secara kasat mata pun sudah terlihat berkabut, kerongkongan pun terasa kering dan mata pun mulai terasa perih," ujarnya.

 

Untuk itu Ia mengimbau kepada seluruh kepala sekolah baik dari tingkat PAUD sampai ketingkat sekolah menengah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar agar mengurangi proses aktifitas belajar mengajar di luar ruangan.

 

"Jika dimungkinkan kepada siswa diharapkan dan melaksanakan memakai penutup mulut (masker)," harapnya.

 

Sedangkan untuk korban dari para pelajar, kata Dia hingga saat ini belum ada laporan kepada pihaknya bahwa adanya korban dari dampak asap kiriman itu.

 

"Belum ada korban dan harapan kita kedepan, jangan ada hendaknya sampai ada korban terdampak, sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan seperti biasa," terang Marimus.

 

Diterangkan Marimus, pantauan pihaknya sementara di lapangan terhadap kabut asap yang terjadi, hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil penelitian atau informasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

 

"Kita belum bisa menentukan libur terhadap pelajar karena kondisi udara saat ini boleh dikatakan masih belum begitu berbahaya dengan daerah lain. Namun satu atau dua hari kedepan akan kita lihat kondisi yang terjadi," terangnya.

 

"Memang beberapa hari yang lewat cuaca mulai cerah, namun pada hari ini dilihat sangat mendung tapi untuk meliburkan siswa sampai sekarang belum ada kita liburkan," jelasnya.

 

Sedangkan untuk kegiatan belajar diluar ruangan Ia mengimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk mengurangi aktifitas kegiatan belajar mengajar diluar ruangan seperti olahraga maupun kegiatan jalan kaki lainnya.

 

"Saya meminta agar kegiatan diluar ruangan segera dikurangi, meski belum ada laporan yang diterima membahayakan. Lebih baik mencegah secara dini, dari pada mencegah setelah adanya korban dampak kabut asap itu," pinta Marimus. (h/ows)

loading...
Reporter : Osniwati /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]