758 Warga Sijunjung Diserang ISPA


Senin, 23 September 2019 - 17:29:19 WIB
758 Warga Sijunjung Diserang ISPA ilustrasi

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Korban Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat dampak dari kabut asap di Kabupaten Sijunjung terus bertambah. Berdasarkan data yang tercatat Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung sejak 13 hingga 21 September 2019 ada sebanyak 758 warga terserang ISPA dampak bencana kabut asap dan mendapat penanganan di puskesmas.

Kepala Dinkes Kabupaten Sijunjung drg.Ezwandra M.Sc mengatakan, bahwa berdasarkan data yang diperoleh dari 13 Puskesmas yang ada di wilayah kerja Dinkes Sijunjung, warga yang menderita ISPA sebanyak 758 orang dan untuk menyikapi permasalahan ini pihaknya sudah memberikan pengobatan kepada warga yang menderita ISPA akibat dampak kabut asap yang datang ke fasilitas Kesehatan Masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Sijunjung.

"Kita sudah bekerja sama dengan BPBD, relawan-relawan instansi terkait. Kita sudah ada kegiatan selain himbauan dan sosialisasi terkait dampak kabut asap. Selain pembagian masker, kita ada tim kesehatan, untuk memeriksa kawan-kawan atau warga masyarakat yang terganggu kesehatannya akibat dampak dari kabut asap," terangnya kepada wartawan, Senin (23/9).

Pihaknya berharap agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar ruangan, perbanyak minum air putih serta mengkonsumsi buah-buahan. Selain itu juga rutin berkonsultasi ke puskesmas ketika ada keluhan terkait dampak kabut asap.

“Kewaspadaan di tingkat puskesmas terus kita koordinasikan tiap hari dan biasanya melaporkannya kepada kita untuk penanganan lebih lanjut," tutupnya.  (h/ogi)

loading...
Reporter : Ogi /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]