Solsel Hentikan Eliminasi Hewan Rabies


Selasa, 24 September 2019 - 14:46:00 WIB
Solsel Hentikan Eliminasi Hewan Rabies Ilustrasi

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kasus gigitan rabies di Solok Selatan (Solsel) ditangani dengan cara vaksinasi bukan eliminasi. Sebab, program vaksinasi merupakan cara ampuh untuk memutus mata rantai penularan penyakit rabies, dibandingkan cara eliminasi hewan.

Dinas Pertanian Solsel mencatat, kasus gigitan rabies oleh Hewan Pembawa Rabies (HPR) ke manusia mengalami penurunan kasus, sejak cara eliminasi HPR dihentikan pada 2017 lalu di Solsel.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Solsel, Syerlly mengatakan hingga September 2019 terdapat 98 kasus gigitan rabies dan sebanyak 2 orang positif rabies. Dimana, populasi hewan beresiko rabies sebanyak 1.300 ekor. "Penderita yang positif rabies telah ditangani dengan Serum Anti Rabies (SAR). Kasus rabies di Solsel umumnya ditularkan dari hewan jenis Anjing," katanya, Selasa (24/9).

Apabila dibandingkan dengan tahun 2018, terdapat 101 kasus rabies di Solsel dan populasi hewan beresiko rabies sebanyak 1.100 ekor. Sedangkan, pada 2017 terdapat 216 kasus dengan jumlah hewan beresiko rabies 9.400 ekor. Artinya, terjadi penurunan kasus rabies di Solsel sejak dihentikan program eliminasi hewan rabies. "Terakhir korban yang meninggal dunia akibat rabies pada 2016 sebanyak satu orang," ujarnya.

Sebagai bentuk upaya antisipasi rabies, Dinas Pertanian Solsel bakal melakukan vaksinisasi gratis terhadap hewan peliharaan jenis Kera, Kucing dan Anjing.
Pelaksanaan pada Kamis (26/9) bertempat di gedung Nasional Muara Labuh mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB. "Sterilisasi Kucing, untuk lima ekor jantan dan dua ekor betina," sebutnya.

Kemudian, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan, pemberian vitamin, konsultasi kesehatan hewan dan terakhir sterilisasi Kucing. "Semuanya gratis," tutupnya. (h/jef)

 

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]