Pasien ISPA Sawahlunto Naik 30 Persen


Selasa, 24 September 2019 - 16:42:58 WIB
Pasien ISPA Sawahlunto Naik 30 Persen KABUT ASAP - Kota Sawahlunto diselimuti kabut asap. FADIL

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kabut asap yang menyelimuti Kota Sawahlunto dalam beberapa pekan terakhir, memberikan dampak pada peningkatan kunjungan pasien pengindap Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Setidaknya peningkatan kunjungan pasien ISPA tersebut, terlihat dalam tiga pekan terakhir. Jika dibandingkan antara bulan Agustus dan September, terjadi peningkatan setidaknya 15 persen.

“Jika dibandingkan jumlah kasus di bulan Agustus, memang terjadi peningkatan pada September ini,” ungkap Kepala  Dinas Kesehatan Kota Sawahlunto, Yasril kepada Haluan, Selasa (24/9).

Yasril mengatakan, pihaknya menghimpun data dari enam pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), yakni Puskesmas Talawi, Kolok, Sungai Durian, Kampung Teleng, Lunto dan Silungkang.

Pada Agustus lalu, pasien ISPA terbanyak berada di Puskesmas Talawi sebanyak 296 kasus, yang disusul Puskesmas Silungkang 202 kasus. Sementara Sungai Durian menempati posisi ketiga dengan 184 kasus.

Sementara Puskesmas Kampung Teleng dan Lunto sama-sama memiliki 108 kasus. Sedangkan Puskesmas Kolok, sepanjang Agustus 2019 tidak satupun dikunjungi pasien ISPA.

Menurut Yasril, Agustus lalu pasien ISPA mencapai 898 kasus. Sementara pada September hingga pekan ketiga, terdapat 1.034 kasus. Dari data yang ada, kasus terbanyak terjadi pada pekan ketiga September, yang mencapai 425 kasus.

Sementara untuk pekan pertama dan kedua September, masing-masing terjadi 288 kasus dan 321 kasus. Dari tiga pekan terakhir, memang cenderung terjadi peningkatan di setiap pekannya.

Secara terinci, pada September 2019 pasien ISPA terbanyak berada di Puskesmas Silungkang dengan 278 kasus. Kemudian disusul Puskesmas Talawi dengan 261 kasus. Selanjutnya Puskesmas Sungai Durian 185 kasus.

Peningkatan kunjungan pasien ISPA juga terjadi pada Puskesmas Kampung Teleng. Dari sebelumnya Agustus 108 kasus, dalam tiga pekan September menjadi 150 kasus. Begitu juga dengan Puskesmas Kolok yang semula tanpa kasus, naik menjadi 51 kasus. (h/dil)

 

loading...
Reporter : Fadil /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]