Pekerjaan Drainase 50 Kota Capai 70 Persen


Rabu, 25 September 2019 - 16:39:12 WIB
Pekerjaan Drainase 50 Kota Capai 70 Persen PENGERJAAN DRAINASE - Sarah satu drainase yang financing di Limapuluh Kota. ZUL

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Bobot pekerjaan pembangunan drainase di Kabupaten Limapuluh Kota, termasuk IKK (Ibu Kota Kabupaten) di Sarilamak, mencapai rata rata rampung mencapai 70 persen. Begitu juga dengan drainase IKK yang dibangun dengan dana APBD setempat mencapai Rp1,49 miliar.

“Secara keseluruhan tahun ini kita di Bidang Cipta Karya pada Dinas PU/PR Limapuluh Kota kebagian dana sebesar Rp15,6 miliar lebih,” ungkap Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Limapuluh Kota, Yunire Yunirman melalui Kabid Cipta Karya, Rifki Satria.

Dikatakan, pembangunan drainase sebagai pendukung sarana prsarana IKK semakin memadai untuk mengalirkan air ketika hujan lebat turun otomatis mencegah banjir ke pemukiman masyarakat di wilayah setempat. “Sebagai ibu kota kabupaten, Sarilamak yang sudah padat penduduk, sangat membutuhkan penyempurnaan sarana pendukung tersebut,” ulas Rifki Satria.

Pembangunan drainase yang sudah 70 persen rampung termasuk pekerjaan drainase pada jalan alternatif di Jorong Boncah Batu Balang-Ketinggian Sarilamak, dengan pagu dana sebesar Rp150 juta yang dikerjakan dengan Penunjukan Langsung (PL).

“Selain pekerjaan memanfaatkan DAK berupa pengadaan air minum perkotaan pengembangan jaringan perpipaan SPAM yang juga dikerjakan di IKK Sarilamak, Nagari Harau, dan di Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, sebesar Rp900 ribu juga rampung sekitar 70 persen,” sebut Rifki.

Pembangunan jaringan perpipaan di Situjuh Gadang, Kecamatan Situjuh Limo Nagari yan dibiayai dengan dana sebesar Rp175 juta juga rampung 70persen. Bersamaan dengan itu dilakukan pekerjaan pengembangan jaringan perpipaan SPAM Muaro Paiti, Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX.

Selain itu, ungkap Rifki, juga dilaksanakan pengerjaan pengembangan jaringan perpipaan SPAM Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh sebesar Rp172,5 juta, pekerjaan tersebut hampir rampung memasuki 70 persen, karena cuaca masih mendukung:Kita berharap pekerjaan SPAM ini rampung 100 persen tepat waktu.

“Sementara itu, pekerjaan pengadaan air minum di Jorong kampuang Tangah, Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka dengan menggunakan dana sebesar Rp180 juta masih berjalan lancar,” tutur Rifki.

Menurut dia, perpipaan SPAM di Jorong Tanjung Ateh Situjuh Ladang Laweh, kecamatan Situjuh Lima Nagari dananya Rp500 juta, pekerjaannya hamper rampung. Begitu juga dengan proyek yang sama di Nagari Koto Lamo Rp200 juta, bobot pekerjaan hampir mencapai 70 persen.

SPAM pada Jorong Taratak Nagari Sulik, dengan dana sebesar Rp370 juta, akan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Pasalnya, sumber air bersih di lokasi itu masih menggunakan air sumur dan sungai.

“Sedangkan SPAM nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sebesar Rp350 juta dan SPAM Taratak, Kecamatan Guguk Rp175 juta Lainnya 13 proyek DAU dengan dana miliaran rupiah, proyek tersebut rampung 72 persen,” ungkap Rifki.

Dikatakan Rifki, dana DAK juga digunakan untuk lima unit pembangunan tengki septic yang tersebar pada lima kecamatan, satu lagi pembangunan MCK bagi lembaga pendidikan agama tingkat SD, SMP dan IT. “Lainnya 13 proyek pembangunan DAU yang tersebar di sejumlah kecamatan, 55 proyek pembangunan gorong gorong drainase dan lainnya rata rata rampung diatas 65 persen,” imbuhnya. (h/zkf)

loading...
Reporter : Zulkifli /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]