Jenazah Korban Kerusuhan di Wamena, Hari Ini Dipulangkan ke Pessel


Rabu, 25 September 2019 - 16:46:33 WIB
Jenazah Korban Kerusuhan di Wamena, Hari Ini Dipulangkan ke Pessel ilustrasi
PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua, Zulhendri Sikumbang menyebutkan, 8 jenazah asal Kabupaten Pesisir Selatan dalam kerusuhan Wamena, Papua, dipulangkan hari ini ke kampung halaman, Rabu (25/9). Kepastian tersebut setelah adanya koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.
 
"Ya, kami sudah berkoordinasi dengan Bupati Wamena. Transportasi pesawat mereka yang tanggung," kata Zulhendri dalam keterangan tertulisnya.
 
Sebelumnya, 11 perantau asal Pesisir Selatan dikabarkan menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua, Senin, 23 September 2019. Sembilan diantaranya meninggal dunia, dua lainnya mengalami luka-luka hingga kini masih menjalani perawatan insentif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura.
 
Terkait transportasi pemulangan jenazah, kata Zulhendri, bakal ditanggung Pemkab Wamena, sedangkan peti jenazah menjadi tanggung jawab IKM Papua.
 
"Kami berharap biaya peti jenazah ini dapat di tanggung Pemprov Sumbar. Setidaknya butuh dana Rp32 juta untuk 8 jenazah. Harga 1 peti senilai Rp 4 juta. Jika uangnya sudah di transfer maka akan beli di Wamena," ucapnya. 
 
Selain itu, IKM juga meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melakukan pemeriksaan jenazah agar identitas korban mudah dikenali keluarga. Sebab, di Wamena tidak ada tim forensik untuk melakukan tes DNA.
 
Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengatakan, pemerintah provinsi siap membantu biaya pembelian peti jenazah untuk korban kerusuhan di Wamena, Papua. Selain itu, pihaknya bakal menanggung seluruh biaya transportasi darat yaitu ambulans dari Bandara Internasional Minangkabau sampai ke rumah duka.
 
"Insya Allah kami akan menanggung biaya peti jenazah dan besok akan langsung dikirim," katanya di Padang.
 
Hingga kini, pemerintah provinsi terus berkomunikasi dengan pihak terkait guna memantau perkembangan kondisi di Wamena, ia berharap kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua selalu memberi keselamatan bagi warga Sumatera Barat.
 
"Apapun nanti informasi terbaru tentang keadaan warga Sumbar disana, bakal kami sampaikan pada masyarakat lewat berbagai media," tuturnya. 
 
Selain itu, pihaknya menghimbau seluruh warga Sumatera Barat, baik di ranah minang maupun di rantau, agar tetap menjaga situasi tetap kondusif, serta tidak terpengaruh kepada hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan memecah belah. 
 
"Mari kita sama-sama berdoa agar saudara kita diberi kekuatan dan ketabahan. Tetap jaga semangat nasionalisme dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tuturnya. 
 
Sementara itu, Bupati Hendrajoni dalam Pers rilis yang diterima wartawan menyampaikan, sehubungan dengan adanya insiden di Wamena Papua, maka atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan rasa duka yang mendalam atas tewasnya sembilan orang warga Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat di Wamena.
 
"Mari kita doakan semoga korban yang meninggal dunia husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan ini," katanya. 
 
Bupati Hendrajoni, menginstruksikan seluruh kepala perangkat daerah untuk melakukan penggalangan dana yang nantinya bakal diserahkan kepada warga Pesisir Selatan yang menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua.
 
Selanjutnya, Pemkab Pessel juga sudah menjalin komunikasi dengan Kodim 0311/Pessel, Polres, Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Papua untuk selalu memberikan informasi terbaru di Wamena khususnya kondisi masyarakat Pesisir Selatan, Sumatra Barat.
 
"Koordinasi terakhir dengan Zulhendri Sikumbang Ketua IKM Papua, untuk membawa jenazah ke kampung halaman masih mengalami sedikit kendala dikarenakan situasi belum kondusif. Namun, pihak kita tetap melakukan koordinasi," ujarnya.
 
Bupati Hendrajoni mengecam keras perbuatan oknum yang telah merenggut nyawa warga Pesisir Selatan di Wamena, Papua. Menurut dia, hal itu sudah diluar batas kewajaran. 
 
"Mari berdoa untuk saudara kita yang ada di Papua agar mendapat lindungan dari Allah SWT. Jika berkemungkinan pemulangan jenazah hari ini, Pemkab Pessel akan memfasilitasi," tuturnya. (h/kis)
 
 
 

loading...
Reporter : Okis /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]