WAREK II UNITAS, HAFRIZAL OA PUTRA

Aksi Penolakan RUU KPK, Pemerintah – Massa Demonstran Agar Cari Solusi Terbaik


Kamis, 26 September 2019 - 15:04:36 WIB
Aksi Penolakan RUU KPK, Pemerintah – Massa Demonstran Agar Cari Solusi Terbaik Hafrizal Okta Ade Putra

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Demonstrasi yang berlebihan sampai anarkis bisa mengganggu ketertiban umum. Hal ini tentunya  bisa berdampak  merugikan dan dapat mengganggu ekonomi daerah dan nasional. 

Namun di sisi lain, demonstrasi juga penting sebagai salah upaya menyampaikan aspirasi. Apalagi yang didemo itu salah satunya adalah RUU KPK yang dapat melemahkan upaya pemberantasan korupsi yang muaranya nanti juga berdampak ekonomi. 
Wakil Rektor II Universitas Taman Siswa Padang, Hafriza Okta Ade Putra mengatakan, pemberantasan korupsi merupakan salah satu indikator yang dilihat dalam meningkatkan daya saing usaha. Termasuk nantinya akan berdampak pada tingkat korupsi yang juga merupakan bagian dari salah satu faktor yang mempengaruhi iklim investasi. Semuanya bermuara kepada pertumbuhan ekonomi.

Faktanya bisa kita lihat, banyak negara yang GDP perkapitanya tinggi karena memang tingkat korupsinya rendah. Bukan karena mereka kaya yang menyebabkan tingkat korupsinya rendah. Tetapi karena tingkat korupsi yang rendah, menyebabkan mereka kaya.

“Melihat aksi mahasiswa sekarang, saran saya agar semua pihak menahan diri, tidak saling memaksakan kehendak, dan mencari solusi terbaik terhadap semua persoalan. Jika memang ada hal yang perlu diperbaiki dalam beberapa RUU yang menimbulkan polemik seperti misal RUU KPK dan KUHP, maka jangan dipaksakan, kenapa harus terburu-buru,” ujar Hafrizal yang juga Dosen Pendidikan Anti-Korupsi tersebut.

Ke depan, lanjutnya, pemerintah termasuk legislatif harus hati-hati dalam mengambil kebijakan. Jangan sampai menimbulkan kontroversi yang berujung pada kegaduhan sosial dan politik, dan berdampak negatif terhadap ekonomi dalam negeri. (*)


Reporter : Ist /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM