2020, Sawahlunto Ditarget Bebas Rabies


Kamis, 26 September 2019 - 17:03:12 WIB
2020, Sawahlunto Ditarget Bebas Rabies ilustrasi

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto menargetkan pada 2020 terbebas dari Rabies. Untuk merealisasikannya, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto melalui Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) melakukan vaksin gratis bagi hewan peliharaan masyarakat.

Pemberian vaksin rabies tersebut menyasar empat kecamatan yang ada.

"Untuk pemberian vaksin, dibagi dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama untuk kecamatan Talawi dan Barangin pada 16 - 23 September 2019. Dan untuk Lembah Segar dan Silungkang, 30 September sampai dengan 7 Oktober mendatang," kata Sekretaris DKP3 Sawahlunto, Henni Purwaningsih kepada Haluan, Kamis (26/9).

 

Henni menyebutkan, kegiatan dimulai dari Kecamatan Barangin dan Kecamatan Talawi untuk mencegah penyebaran penyakit rabies yang disebabkan oleh gigitan hewan penyebarnya hewan seperti, anjing, kucing, musang dan kera.

"Kita lakukan secara door to door, langsung menyambangi rumah warga. Kalau ada hewan peliharaan dimaksud, akan kita lakukan penyuntikan vaksin anti rabies," ujarnya.

 

Kepala Puskeswan DKP3 Sawahlunto, drh FA Oktraviantris menambahkan, untuk jadwal telah dikirim melalui desa dan kelurahan agar disampaikan kepada masyarakat, untuk menyiapkan hewan peliharaannya saat tim turun.Dia berharap masyarakat mendukung untuk kelancaran kegiatan ini dengan mengikat atau mengandangkan hewan peliharaannya dan bersedia untuk di vaksin.

"Targetnya Sawahlunto bebas rabies 2020. Untuk mencapainya sangat dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihaknya, terlebih dari masyarakat yang memiliki hewan peliharaan yang dimaksud," katanya. (h/rki)

 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]