Disparpora Bukittinggi  Berikan Pelatihan Pengelolaan Homestay


Jumat, 27 September 2019 - 15:34:34 WIB
Disparpora Bukittinggi  Berikan Pelatihan Pengelolaan Homestay Disparpora memberikan pelatihan Pengelolaan Homestay Bukittinggi bagi pelaku pariwisata di Hotel Rocky. GATOT

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), memberikan pelatihan Pengelolaan Homestay  bagi pelaku pariwisata.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini,  dibuka oleh  Kepala Disparpora Bukittinggi yang diwakili Sekretaris  Antoni Samawil, di Hotel Rocky Bukittinggi, Kamis (26/9).

Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disparpora Suzi Yanti, melalui Panitia Pelaksana Erni Yenti mengatakan,  pelatihan pengelolaan homestay Bukittinggi ini terselenggara melalui DAK Non Fisik dana pelayanan kepariwisataan tahun 2019. Pelatihan ini diadakan karena keberadaan Homestay  menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan saat berkunjung ke Bukittinggi.

“Ketika Bukittinggi padat pengunjung, tentu homestay akan jadi pilihan bagi wisatawan untuk menginap. Saat ini memang banyak homestay yang hadir di Bukittinggi. Tentunya kami dari Disparpora, mengajak para pengelola homestay untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi pengunjung yang menginap. Untuk itulah kami berikan pelatihan terkait kepariwisataan, sadar wisata dan sapta pesona,” kata Erni.

Pelatihan pengelolaan manajemen homestay ini ujarnya, diikuti sekitar 40 peserta. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman bagaimana mengelola homestay dengan baik dan maksimal, sehingga dapat melahirkan kesan yang baik bagi pengunjung yang menginap.

Sementara itu Sekretaris Disparpora Bukittinggi Antoni Samawil menyampaikan, sektor pariwisata memang menjadi andalan Kota  Bukittinggi. Untuk itu pemerintah daerah terus berbenah  agar sektor pariwisata Bukittinggi dapat selalu disenangi oleh wisatawan sebagai tempat wisata andalan di Sumatra Barat.  

Guna mendukung  hal itu perlu layanan terbaik. Untuk memberikan layanan terbaik kepada pengunjung  tidak akan  berjalan maksimal tanpa dukungan dari masyarakat, terutama sekali pelaku pariwisata yang ada.

“Pengelola homestay, menjadi salah satu pelaku pariwisata yang dapat menunjang kepariwisataan Bukittinggi. Layanan yang diberikan tentu akan membawa kesan tersendiri bagi wisatawan. Untuk itu, butuh pemahaman dan kebersamaan bagaimana pengunjung mendapatkan pelayanan yang baik dari home stay,” ujar Antoni Samawil.

Menurutnya, pengelolaan kepariwisataan Bukittinggi dinilai semakin membaik. Kota Bukittinggi dapat dijangkau oleh wisatawan seluruh golongan dan berbagai tingkatan ekonomi. Meskipun banyak wisatawan yang datang dari luar daerah dan berbagai latar belakang, namun Kota Bukittinggi bersama stakeholdernya tetap mempertahankan kearifan lokal.

“Termasuk pelayanan home stay di Bukittinggi yang diharapkan dapat terus ditingkatkan dan mempertahankan kearifan lokal tersebut. Melalui pelatihan ini diharapkan mampu menyatukan visi dan mindset pengelola home stay agar meningkatkan mutu serta kualitas home stay, khususnya pada pelayanannya,” tukas Antoni Samawil.

Dalam pelatihan mendatangkan beberapa narasumber. Diantaranya, Sekretaris Disparpora Antoni Samawil, dan praktisi kepariwisataan Sumatera Barat Syafroni Falian, Ketua DPC ASPPI Bukittinggi, M. Subari, dan beberapa narasumber lainnya. (h/tot) 


Reporter : GATOT /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM