Padang Tuan Rumah Kongres Nasional X Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik


Jumat, 27 September 2019 - 18:09:13 WIB
Padang Tuan Rumah Kongres Nasional X Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik Padang Tuan Rumah Kongres Nasional X Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn) akan menggelar Kongres Nasional (Konas) X dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XVIII bertempat di Hotel Grand Inna Muara, Rabu-Jumat (2-4/10) mendatang. 

Ketua Panitia Konas X dan PIT XVIII, Dr. Efrida, dr., Sp. PK, MKes mengatakan pada pelaksanaannya tahun ini, iven Konas yang digelar 3 tahun sekali dan iven PIT setahun sekali ini mempercayakan Sumbar sebagai tuan rumah.

"Peserta dari seluruh Indonesia, Aceh sampai Papua, dan Sumbar dipercaya sebagai tuan rumah pada tahun ini," ungkapnya, Jumat (27/9).

Ditambahkannya, kegiatan tersebut mengusung tema "The Roles and Challanges of clinical pathologist in Robotic Era".

"Berbeda dari pelaksanan sebelumnya, untuk tahun ini tema yang diangkat 'The Roles and Challanges of clinical pathologist in Robotic Era'. Tema ini dipilih untuk meningkatkan peran dan kinerja dokter spesialis patologi klinik dan kedokteran laboratorium di Era robotik," ucap Efrida.

Lebih lanjut dikatakannya, Konas dan PIT bertujuan untuk menyebarluaskan berbagai pengetahuan terkini kepada dokter spesialis, sarjana dalam bidang terkait, beserta pemilik laboratorium dan analis.

Berbagai rangkaian acara diadakan pada iven nasional ini.

"Acara yang diselenggarakan meliputi Workshop, plenary lecture, simposium ilmiah, meet the expert, pameran alat kesehatan/laboratorium, presentasi oral dan poster," ungkap Efrida.

Selain itu, Sekretaris I Konas X dan PIT XVIII, Zelly Dia Rofinda, dr., Sp.PK (K) mengatakan pada iven kali ini juga akan diadakan ujian nasional bagi pendidikan akhir dokter spesialis klinik di seluruh Indonesia.

"Salah satu yang spesial pada pelaksanaan tahun ini, adalah diadakannya juga ujian nasional untuk pendidikan akhir dokter spesialis patologi klinik. Kalau udah lulus ujian berarti sudah menamatkan pendidikan. Untuk peserta ujian ada 34 orang berasal dari 11 pusat pendidikan di Indonesia karena dari Indonesia ada 11 pusat pendidikan, 2 diantaranya ada diSumatra yaitu di USU (Sumut) dan Unand (Sumbar)," ucap Zelly.

Di tempat yang sama, Dessywar, dr., Sp.PK,MKes berharap agar rangkaian pelaksanaan Konas X dan PIT XVIII dapat berjalan lancar.

"Kita berharap dengan persiapan yang sudah dari lama dan telah mencapai 95%, seluruh rangkaian acara berjalan sukses dan lancar tanpa hambatan. 1.011 orang peserta yang mendaftar dari 1.000 orang target awal kita tidak ada halangan untuk hadir pada hari H," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Yesi /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]