Lapas Pariaman Cetak Napi Hafiz Alquran


Jumat, 27 September 2019 - 19:44:43 WIB

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat narapidana dibina dan menjalankan hukumanya. Bahkan, di Lapas Kelas ll B Pariaman sudah bisa menciptakan napi sebagai hafiz quran hingga 4 juz.

Program penghafal Alquran itu, merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Lapas Pariaman berkerjasama dengan Kemenag Kota Pariaman. Hampir seluruh narapidana ikuti program tersebut, dan hafalan itu distorkan satiap hari Kamis saat kegiatan keagamaan rutin dilakukan di lapas tersebut.

Salah satu narapidana bernama Yanfahmi Zuher (20) telah hafal sebanyak 4 juz, setiap minggu ia langsung storkan hafalan tersebut pada pembimbing hafiznya.

"Alhamdulillah saat ini saya sudah hafal 4 juz. Juz Amma, juz 1 sampai 3. Saya menghafalnya setelah shalat tahajud dan mengulangi setiap shalat lima waktu,"kata Fahmi, disela kegiatan keagamaan yang diikuti di Laps Pariaman, Kamis (26/9).

Napi yang dihukum selama 5 tahun itu, mengatakan dirinya menargetkan harus bisa menghafal satu halam quran dalam satu hari, yang paling penting diulang saat akan tidur dan bangun tidur agar tidak lupa.

"Target saya satu hari hafal satu halaman Quran, waktu luang saya selalu digunakan untuk memeperbanyak hafalan," kata Fahmi yang bercita-cita bisa mengambil kuliah bahasa arab setelah selesai menjalankan hukumanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk selalu mengingat hafalannya, Fahmi berusaha mengulangi hafalanya satu juz dalam satu hari. Agar tidak ayat yang telah dihafal itu tidak hilang atau lupa. "Satiap hari hafalan itu saya ulang, untuk satu juz itu biasanya menghabiskan waktu dua jam, jadi saya baca satu juz itu dalam satu hari. Karena kalau baca semuanya suara saya bisa habis," katanya.

Tidak hanya Fahmi, juga ada Yanuar (35) salah satu napi kasus narkoba yang divonis 9 mengatakan dengan progaram hafiz quran yang diikutinya banyak mendatangkan manfaat dan merubah dirinya.

"Alhamdulillah banyak perubahan yanh saya dapatkan disini, bahkan saya tidak lagi merokok. Apalagi narkoba, saya tidak kecanduan lagi dan telah berhenti secara total," kata Yanuar warga Padang itu.

Lebih lanjut Yanuar mengatakan, selain merubah prilakunya, progaram keagamaan itu juga meningkatkan pengetahuannya dibidang agama. Mulai dari bacaan shalat hingga tajwid dalam membaca alquran, saat masuk penjara dia tidak pandai baca quran.

"Sejak ikut program-program keagamaan saya sudah menjadi lebih baik dari sebelumya. Kini saya menghafal 5 surat. Motivasinya juga untuk mendapatkan remisi selain mendapat ridho dari Allah, " kata Yanuar pria yang memelihara jengotnya.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Binadik dan Giatja Lapas Kelas ll B Pariaman Herman LG, mengatakan program keagamaan selain untuk mendidik narapidana juga untuk motivasi untuk mendapatkan remisi. Sesuai dengan aturanya, napi yang dihukum diatas lima tahun, harus mengikuti program asimilasi untuk bisa mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman.

"Sudah 4 orang narapidana yang kami ajukan untuk mendapatkan remisi sekarang datanya sudah ada dikementrian. Mereka yang 4 itu sudah menjadi penghafal Quran," kata Herman.

Herman, mengatakan untuk tahap awal, memang sulit mengajak napi ke arah agama. Namun berjalannya waktu hampir semua napi ikut dan senang dengan program keagaman.

"Contohnya salah satu napi kasus narkoba bernama Kencur. Dia merupakan kepala napi yang disegani, pasalnya Kencur terkenal dengan "Bagak"nya. Setiap napi yang baru tunduk dan takut, lantaran si Kencur tak segan-segan menggertak dan mengajak napi lainnya berkelahi," katanya.

Namun saat ini, kata Herman lagi, kencur telah tenang dan menjadi orang yang ramah. Tato disekujur tubuhnya tak lagi menandai dia arogan.

"Dia sekarang ikut program hafiz juga, sudah taat shalat dan mengaji. Bahkan kami salut atas perubahan yang terjadi pada dirinya, " jelas Herman. (h/mg-hen)

 

loading...
Reporter : Yuhendra /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]