Dokter Dibakar Hidup-hidup oleh Perusuh, Puluhan Dokter Pendatang Minta Dikeluarkan dari Papua


Sabtu, 28 September 2019 - 16:49:20 WIB
Dokter Dibakar Hidup-hidup oleh Perusuh, Puluhan Dokter Pendatang Minta Dikeluarkan  dari Papua Kompleks kantor Bupati Jayawijaya yang ikut terbakar rusuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Senin (23/9). Sebanyak 32 orang meninggal. (Denny Tonjau/Cendrawasih Pos)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- dr Soeko Marsetiyo sudah mengabdi di Wamena, Jayawijaya, selama 15 tahun.  Namun dia meninggal setelah dibakar massa perusuh. Pasca kejadian itu, beberapa dokter pendatang meminta untuk segera dipulangkan.

Dilansir JawaPos.com,  28 September 2019, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IDI Daeng M. Faqih menyatakan, beberapa dokter yang berdinas di Papua meminta untuk dipulangkan. Namun, ada juga yang masih mau bertahan dengan alasan mengabdi. ”Kami sedang melakukan pendataan,” ungkapnya kemarin (27/9).

Saat ini Faqih belum tahu jumlah pasti dokter yang berada di Papua maupun Papua Barat. PB IDI melakukan pemantauan melalui IDI Papua. Menurut dia, dokter yang meminta evakuasi akan dibantu. ”Proses tersebut sedang berjalan. Kami koordinasi dengan TNI,” ungkapnya.

Dia menyatakan, IDI membebaskan para dokter untuk memilih mau tinggal atau tidak. Dokter yang menyatakan tetap tinggal dimintai nomor yang bisa dihubungi untuk koordinasi pengamanan.

Jawa Pos sempat dihubungi seorang dokter di Oksibil, Pegunungan Bintang, melalui pesan WhatsApp. Dokter obstetri dan ginekologi yang enggan disebutkan namanya itu menyatakan, 800 meter dari rumah dinasnya sedang terjadi kerusuhan. Di Oksibil, menurut ceritanya, banyak warga pendatang. Rata-rata membuka kios di sekitar pasar tradisional. ”Rumah dan kios habis dibakar,” terang dia.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau dokter yang bertugas merapat ke daerah aman. Salah satunya Jayapura. Namun, perpindahan tersebut tak bisa serempak karena terbatasnya transportasi. Layanan di sana tak akan terganggu karena menurut dia masih banyak dokter asli Papua.*

loading...
 Sumber : JP /  Editor : DNJ

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]