Dibantu IBD Saudi Arabia, Sawahlunto Bangun 9 IPAL Komunal


Senin, 30 September 2019 - 07:59:20 WIB
Dibantu IBD Saudi Arabia, Sawahlunto Bangun 9 IPAL Komunal Pembuatan IPAL Komunal.FADIL

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-

Sedikitnya 9 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, yang dibiayai Islamic Development Bank (IDB) dari Riyad Saudi Arabia, dalam proses pembangunan, di empat desa dan kelurahan, di Kota Sawahlunto.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22 %

Setiap IPAL Komunal yang dibangun dengan anggaran Rp425 juta itu, akan mengolah limbah air rumah tangga minimal dari 50 kepala keluarga. Mulai dari air bekas cuci, mandi, hingga kakus akan disatukan dalam bak penampung dan masuk dalam instalasi pengolahan air limbah.

“Tahun ini ada sembilan IPAL Komunal yang dibangun. Ini merupakan program sanitasi masyarakat, dimana anggarannya berasal dari bantuan IDB,” ungkap Kepala Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Infrastruktur Pemukiman Kota Sawahlunto, Amri Parmato kepada Haluan, akhir pekan lalu.

Baca Juga : Angka Kesembuham Covid-19 di Sumbar Mencapai 91,89 %

Setiap IPAL yang dibangun, lanjut Amri Parmato, mendapatkan dana sebesar Rp425 juta. Tahun lalu, Sawahlunto juga mendapatkan program yang telah berjalan sejak 2014 lalu itu, dengan jumlah enam lokasi.

Sementara itu, Fasilitator Lapangan Program Sanitasi IDB Kota Sawahlunto, Wira Apridona kepada Haluan, Minggu (29/9) mengatakan, pelaksanaan program pembangunan IPAL Komunal, dilakukan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), yang terdapat di desa maupun kelurahan.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 34 Orang

BKM sendiri berasal dari dari pelaksanaan program PNPM Mandiri. Sehingga, kawasan yang mendapatkan program IPAL Komunal merupakan daerah yang pernah menerima program PNPM Mandiri.

“Saat ini pembangunan IPAL Komunal sudah dalam proses. Jika tidak ada halangan, Desember akan rampung dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Semua aliran air limbah rumah tangga penerima manfaat dapat terkelola dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga : Ayo Jaga 5M! Jangan Main-main Soal Covid-19

Kesembilan lokasi pembangunan IPAL Komunal yakni, Dusun Talago Desa Talawi Hilie, Dusun Malakutan, Dusun Gunung Balai, Dusun Guguk Sumbayang, dan Dusun Pulau di Desa Kolok Nan Tuo.

Selanjutnya RT 2 RW 3 dan RT 2 RW 2 di Kelurahan Durian II, serta dua lokasi lainnya di Dusun Talanguang Desa Salak Kecamatan Talawi.

Adapun anggaran yang dikucurkan IDB sebesar Rp425 juta untuk masing-masing IPAL Komunal, 60 persennya digunakan untuk bahan dan alat, 35 persen upah, dan 5 persen lainnya biaya operasional dan alat tulis serta kebutuhan rapat.

Ketua BKM Durian Bersatu, Sajiman kepada Haluan mengatakan, dalam pelaksanaan pembangunan IPAL di Durian II, melibatkan swadaya masyarakat, yang dilaksanakan setiap pekan.

“Di luar hari minggu sistem upah, sedangkan hari minggu, seluruh masyarakat penerima manfaat ikut berperan melaksanakan gotong royong sebagai bentu swadaya dari masyarakat,” ujar Bapak empat anak dan lima cucu itu.*

Reporter : FADIL | Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]