Senin Ini, Ribuan Mahasiswa  Kembali Aksi Demonstrasi ke Gedung DPR/MPR


Senin, 30 September 2019 - 10:39:37 WIB
Senin Ini, Ribuan Mahasiswa  Kembali Aksi Demonstrasi ke  Gedung DPR/MPR Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9). (CNN Indonesia/Safir Makki)


JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Ribuan mahasiswa kembali menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin 30 September 2019. Selain mahasiswa, koalisi masyarakat sipil juga akan kembali turun aksi.

 

Para mahasiswa  tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) terdiri dari sejumlah kampus yang ada di Jakarta dan daerah lainnya.

Selain mahasiswa, koalisi masyarakat sipil juga akan kembali turun aksi di depan Gedung DPR.  Berbagai seruan aksi hari ini muncul di media sosial, khususnya Twitter.

Koordinator Media BEM Seluruh Indonesia Ghozi Basyir Amirullah tak merinci kampus mana saja yang akan turun ke jalan hari ini. 

"Kalau BEM secara keseluruhan turun di DPR lagi (atas nama) Aliansi Mahasiswa Indonesia," jelas Ghozi seperti dikuti CNNIndonesia.com. Senin (30/9).

Sementara Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti Dinno Ardiansyah mengatakan, mahasiswa yang kembali turun aksi hari ini tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia. 

Menurutnya, seluruh organisasi mahasiswa bergabung dalam wadah aliansi itu.

"Kalau yang demo hari ini Aliansi Mahasiswa Nusantara. Gerakan ini melebur semua jadi Aliansi Mahasiswa Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Pusat BEM SI Muhammad Nurdiyansyah mengatakan bahwa BEM SI sampai saat ini masih bergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia yang dari awal mengawal gerakan Tuntaskan Reformasi.

"Untuk Aksi tanggal 30 September silahkan masing-masing kampus dibebaskan untuk hadir pada aksi Aliansi Mahasiswa Indonesia yang dilakukan di pusat maupun daerah," tuturnya.

 

Sebelumnya, Juru bicara Poros Revolusi Mahasiswa Bandung Ilyasa Ali Husni mengatakan unjuk rasa tetap berjalan meskipun Ketua DPR Bambang Soesatyo telah menyatakan tak ada pengesahan Rancangan Undang-undang (RUU) menjadi Undang-undang (UU).

Ilyasa mengungkapkan, dari hasil konsolidasi dengan sejumlah BEM di berbagai daerah, mereka sepakat untuk melakukan aksi pada 30 September. Tujuannya agar DPR dan presiden tidak mengesahkan sejumlah RUU yang dinilai kontroversial.

"Maka dari itu, kami dari Poros Revolusi Mahasiswa Bandung akan berangkat sama-sama ke Jakarta. Kami bersama mahasiswa se-Indonesia akan menggelar aksi unjuk rasa," kata Ilyasa.*

Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]