Redam Konflik di Wamena, Jokowi Minta Semua Pihak Tahan Diri


Senin, 30 September 2019 - 11:49:24 WIB
Redam Konflik di Wamena, Jokowi Minta Semua Pihak Tahan Diri Presiden Joko Widodo

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Presiden Joko Widodo meminta semua pihak menahan diri untuk menghindari konflik horizontal yang bias meluas di Kota Wamena, Papua. Pernyataan Presiden tersebut menyikapi kerusuhan yang menimbulkan banyak korban jiwa di wilayah yang berada di Pegunungan Tengah Papua itu.

"Presiden juga mengimbau semua pihak menahan diri untuk menghindari percikan konflik yang masif. Dan mengajak semua berdoa untuk menciptakan tanah Papua yang damai," kata Presiden melalui Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani dilansir dari CNNINdonesia.com, Senin (30/9).

Baca Juga : Perizinan Kehutanan, Angota Komisi IV DPR: Siti Nurbaya Kebagian Cuci Piring

Dani menyatakan Jokowi selalu mendapat informasi terkini di Papua dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan kementerian terkait.

Jokowi, kata Dani, sudah memerintahkan jajarannya untuk memberikan perlindungan kepada orang asli Papua maupun masyarakat pendatang yang tinggal di Bumi Cendrawasih.

Baca Juga : Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Kapolri menindak tegas siapapun yang melakukan kerusuhan, perusakan fasilitas publik, dan kekerasan yang mengakibatkan luka maupun kematian.

"Dari kasus Wamena sudah ditahan beberapa orang yang terindikasi sebagai aktor pemicu dan dalang kerusuhan. Sekarang sedang didalami kasusnya," ujarnya.

Baca Juga : Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19

Menurut Dani, Jokowi turut meminta jajarannya baik pemerintah pusat maupun daerah untuk segera memperbaiki fasilitas publik yang rusak di Wamena.

Bagi masyarakat yang meninggal dunia akan dibantu proses pemakaman, sementara yang mengalami luka-luka diberi pengobatan. (*)

Baca Juga : Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI

Editor : DavidR

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 16:56:05 WIB

    Perizinan Kehutanan, Angota Komisi IV DPR: Siti Nurbaya Kebagian Cuci Piring

    Perizinan Kehutanan, Angota Komisi IV DPR: Siti Nurbaya Kebagian Cuci Piring Anggota Komisi IV DPR RI Firman Subagyo menilai terobosan perizinan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi demi mempermudah investasi dan memotong birokrasi yang berbelit seperti diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja (U.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:48:57 WIB

    Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga

    Proyek Tol Trans Sumatera Terancam Setop, Ini Penjelasan Dirjen Bina Marga Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian buka-bukaan soal kondisi Jalan Tol Trans Sumatera. Ia mengatakan, PT Hutama Karya (Persero) atau HK yang mendapat penugasan untuk membangun tol tersebut mengalami de.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:21:18 WIB

    Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19

    Para Penerima Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius dari Vaksin Covid-19 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima vaksin COVID-19 dosis kedua, Rabu (27/1/2021) di halaman tengah Istana Negara, Jakarta. Pemberian vaksin tersebut kemudian diikuti dengan vaksinasi kepada sejumlah perwakilan dari ber.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:43:03 WIB

    Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI

    Presiden Jokowi Lantik Anggota Dewan Pengawas LPI Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin  melantik Keanggotaan Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021) pagi..
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 14:08:17 WIB

    Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi

    Pakai Singlet saat Vaksin Dosis ke Dua, Ini Alasan Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua pada pagi hari ini Rabu (27/1) di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta. Berbeda saat penyuntikan tahap pertama, kali ini, Presiden hanya tampak menge.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]