Wamena Rusuh, Korban Kerusuhan Disarankan Mengungsi ke Lanny Jaya


Senin, 30 September 2019 - 23:36:18 WIB
Wamena Rusuh, Korban Kerusuhan Disarankan Mengungsi ke Lanny Jaya Kerusuhan di Wamena, Papua, Senin (23/9). (AP Photo-Cnni)

 

WAMENJA,HARIANHALUAN.COM-- Para pengungsi korban kerusuhan di Wamena, disarankan  mengungsi ke Lanny Jaya, Papua. Kawasan ini dinyatakan sebagai 'rumah' yang aman bagi semua warga dan bersedia menampung para pengungsi korban kerusuhan Wamena.

"Kalau kabupaten lain ada kekacauan tapi Lanny Jaya tetap aman, pengungsi pun bisa datang ke Lanny Jaya," ujar kata Direktur RSUD Tiom Nataniel Imanuel Hadi,  dikutip dari Antara, Senin (30/9).

Lanny Jaya terletak di sisi perbatasan barat wilayah Wamena. Jarak dari pusat Wamena ke Lanny Jaya ditaksir berkisar 60-70 kilometer.


Nataniel mengatakan hal itu dijelaskan oleh Asisten I Sekda Lanny Jaya Leteran Yigibalom kepada rombongan saat mengelilingi Kota Tiom, ibu kota Lanny Jaya, pada Kamis (26/9).

Saat itu, kata Nataniel, Leteran bersama beberapa kepala-kepala bidang mengunjungi warga yang berjualan di pasar, pasar mama, tukang ojek, dan lainnya untuk memberikan imbauan agar menjaga keamanan dan bekerja seperti biasa.

"Kami memberikan imbauan kepada masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan di kota Tiom, ibu kota Kabupaten Lanny Jaya," ujarnya.

Sebelumnya,  WAMENA,HARIANHALUAN.COM- Demonstrasi di Wamena, Jayawijaya, Papua, kembali diwarni aksi perusuh memakar Ruko, Kedai dan  sejumlah kantor pemerintah.

Dari data yang dihimpun terungkap sejumlah bangunan dibakar dan dirusak para pendemo hingga menyebabkan otoritas Bandara Wamena menutup operasional bandara mulai k pukul 10.30 WIT sampai  waktu yang belum ditentukan.

"Sabar, masih chaos," ujar Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda Swadaya dihubungi Antara, Senin (23/9/2019).

Dari data yang dihimpun terungkap sejumlah bangunan dibakar dan dirusak para pendemo hingga menyebabkan otoritas Bandara Wamena menutup operasional bandara sejak pukul 10.30 WIT.

Akibat demo rusuh, operasional Bandara Wamena dihentikan. Kepala Bandara Wamena Joko Harjani mengatakan operasional bandara ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. 

"Saat ini sudah tidak ada pesawat di bandara," kata Joko seperti dilansir Antara, Senin (23/9). 
Joko menjelaskan bandara akan dibuka kembali bila ada permintaan dari polisi dan militer.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi membenarkan adanya kejadian itu.

"Iya betul. Kantor dinas dan ada beberapa ruko dibakar," kata Dedi saat dihubungi detikcom, Senin (23/9).

Peristiwa terjadi pada pukul 09.00 WIT. Saat ini, Polri dan TNI sedang menangani situasi di lokasi.

"Saat ini sedang konsentrasi untuk meredam," imbuh Dedi.*

Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]