Langgar Aturan, Izin Pangkalan Elpiji Bisa Dicabut


Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:10:14 WIB
Langgar Aturan, Izin Pangkalan Elpiji Bisa Dicabut GUSNIYETI ZAUNIT

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pangkalan gas elpiji yang menyalurkan gas 3 kilogram bersubsidi kepada masyarakat diingatkan untuk tak nakal. Jika kedapatan, izin usaha pangkalan tersebut akan dicabut.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit kepada Haluan,  Selasa (1/10).

Baca Juga : Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

HET gas elpiji 3 kg bersubsidi, sebutnya, saat ini masih dikisaran harga Rp17 ribu. Artinya, harga tersebut belum naik. “Jika ada pihak pengecer maupun pangkalan yang menjual gas 3 kg jauh diatas harga normal, akan kita tindak tegas. Bahkan izinnya akan kita cabut,” sebutnya.

Dasar pencabutan izin usaha itu sendiri, lanjutnya, berdasarkan Perpres No 71 tahun 2015 tentang pendistribusian bahan penting termasuk gas elpiji yang bersubsidi.

Baca Juga : Dishut Sumbar Targetkan ITH Sebesar 61% Tahun Ini

Sebagaimana diketahui, di Kota Pariaman saat ini terdapat 57 pangkalan elpiji, sampai saat ini memang belum ada satupun yang izin usahanya terkena sanksi.

“Mudah-mudahan tidak akan terjadi. Karena gas elpiji 3 kg sudah disubsidi oleh pemerintah. Dan tindakan pembekuan izin usaha hanya bisa dilakukan terhadap pangkalan nakal, bila buktinya ada,” lanjutnya.

Baca Juga : KPHP Dharmasraya Usulkan Perluasan Wilayah Kerja Pengelolaan Hutan Sosial

Disebutkan, gas bersubsidi 3 kg untuk masyarakat di suatu kota, tidak bisa dijual ke daerah lain, karena masing -masing daerah sudah ada kuotanya, ada aturanya terhadap hal demikian. “Jadi tetaplah menjadi pangkalan gas elpiji yang taat aturan,” kata Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman itu mengakhirni. (h/tri)

 

Baca Juga : 17 Kabupaten/Kota di Sumbar Jadi Prioritas Pemberian Vaksin Kedua

Reporter : Trisnaldi | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]