Sudah Dilantik, Najmuddin PhD Ajak Publik dan Media Awasi Kinerja Anggota DPR dan DPD RI


Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:36:23 WIB
Sudah Dilantik, Najmuddin PhD Ajak Publik dan Media Awasi  Kinerja Anggota DPR dan DPD RI Pengamat politik dan pakar komunikasi&media Unand,Najmuddin M Rasul PhD. (dok. DN)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Pelantik berjalan lancar dan aman.  Anggota  DPR  dan DPD RI hasil Pemilu 2019  mulai berkantor Gedung 'Kura-kura', Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta sejak hari ini, Selasa  (1/10). Mereka harus dikontrol dan dikrtisi.

Namun pengamat politik dan pakar komunikasi publik & media dari Unand, Najmuddin M Rasul PhD berpendapat, publik jangan terlalu berharap banyak pada mereka yang telah dilantik.

"Tidak bisa hanya menunggu dengan penuh harap. Sebaliknya, kontrol, pengawasan, tekanan, bahkan kritik harus  terus ditingkatkan dalamrangka pengawasan publik atas kinerja mereka  selama lima tahun ke depan," ujar Njamudin menjawab harianhaluan.com, Selasa siang ini.

"Jadi, masyarakat jangan terlalu banyak berharap kepada mereka."
"Mari masyarakat bersama media melakukan pengawan terhadap kinerjamereka," katanya.

Menurut Najmuddin, yang perlu diawasi publik dan eleman mahasiswa adalah, bagaimana anggota parlemen  menjalankan tugas utama parlemen (Legislasi, budget dan pengawasan). Apakah beroreantasi pada kebutuhan masyarakat. Apakah  mereka mau belajar dari kelemahan parlemen masa lalu. 
Kemudian, mereka  harus membuka ruang diskusi publik. Melaksanakan program komunikasi politik dengan  constituent. Beroriantasi politik kebangsaan.  Melaksanaan agenda pendidikan politik untuk  generasi milenia.
Dan yang ke-delapan, mereka harus sederhana dalam gaya hidup. Karena nun di luar gendung kantor mereka nan megah, masih ada  rakyat yang h mengahadapi beban problem ekonomi,  lapangan kerja hingga  ketidak adilan dan pelanggaran HAM.

Dia  mencontohkan  banyak   kinireja  buruk  anggota dewan priode sebelumnya, yang patut tidak ditiru,  dan tidak boleh terjadi lag di priode sekarang.

Antara lain, kata Najmuddin, seperti  banyaknya reses yang kurang fokus,  Kunjungan ke LN yang  tidak berfaedah, kualitas politik yang relatif rendah.  Kurang care terhadap permasalahan masyarakat. Kurang Fokus dalam agenda politik. 

"Kepiawaian komunakasi publik dan media mereka sangat-sangat rendah. Pulik baru  terkaget-kaget dengan pasal-pasal  aneh ketika sebuah RUU  sudah akan disahkan.   Ini tidak boleh terjadi lagi  di priode baru anggota dewan ," tegasnya.

"Terkhusus  untuk anggota DPR dan DPD RI yang  terpilih oleh rakyat Sumatera Barat, mari  rekan rekan media kita awasi dan terus kontrol  bagaimana  kinerja dan kontribusi mereka kepada rakyat dan daerah kita," seru Najmuddin. *

Reporter : DN | Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]