Tersangka sudah beraksi di 8 Masjid

Maling Kotak Amal Ditangkap di Bukittinggi, Polisi Temukan Sabu


Selasa, 01 Oktober 2019 - 17:50:25 WIB
Maling Kotak Amal Ditangkap di Bukittinggi, Polisi Temukan Sabu Tersangka pencuri kotal amal yang berhasil diamankan oleh personel Satreskrim Polres Bukittinggi.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Tersangka pencurian kotak amal berinisial A (23), warga Jalan By Pass Bukittinggi berhasil diringkus Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Bukittinggi di rumah kontrakannya di Jalan By Pass, depan Kampus UMSB, Senin (30/9) sekitar pukul 21.00 WIB.

Mirisnya, hasil curian dari kotak amal tersebut digunakan tersangka untuk membeli sabu-sabu, handphone, jam tangan dan untuk berfoya-foya. Parahnya, tersangka ini ternyata sudah melakukan aksi lebih dari delapan kali dalam masjid-masjid yang ada di Bukittinggi.

Baca Juga : Densus 88 Berhasil Amankan Lima Terduga Teroris di Aceh, Seorang Diantaranya ASN

Penangkapan tersangka berawal dari aksinya mencuri kotak amal di Masjid Jamiak, Aur Atas beberapa hari lalu. Aksi pencuriannya terekam CCTV dan viral di media soaial. Nahasnya, tersangka yang ketakutan saat dipergoki warga ketika mencuri, meninggalkan tasnya di dalam masjid. 

Setelah diperiksa, di dalam tas milik tersangka ternyata ditemukan barang bukti sabu, handphone, baju dan alat isap sabu. Kapolres Bukittinggi, AKBP Iman Pribadi Santoso melalui Kasat Reskrim AKP Pradipta Putra Pratama mengatakan, aksi pelaku selama ini sudah sangat meresahkan warga.

Baca Juga : Ungkap Penyebab Kematian, Polres Pasaman Autopsi Mayat Seorang Warga Rao di Padang

Tersangka ini sudah delapan kali menjarah kotak amal masjid diantaranya, tiga kali menjarah di Masjid Jamik Aur Atas Bukittinggi dengan kerugian mencapai Rp8,7 juta. Kemudian, dua kali beraksi di Masjid Parik Putuih Agam dan sekali di Masjid Batagak Agam dengan kerugian mencapai Rp650 ribu.

Lalu, tersangka ini juga beraksi di Masjid yang ada di Kota Payakumbuh serta Masjid di daerah Padang Panjang, sedangkan aksinya di Masjid Jami' Tarok Bukittinggi gagal karena ketahuan. "Setelah kita periksa, ternyata tas tersangka ini tertinggal di Masjid Jamiak Aur Atas milik pelaku dan barang bukti ada di dalamnya," kata Pradipta kepada Haluan di Mapolres Bukittinggi, Selasa (1/10).

Baca Juga : Lima Orang Lagi Ditangkap Terkait Kasus Pencurian Toko Plastik di Bukittinggi, Total Ada 7 Tersangka

"Tersangka mengakui barang haram tersebut adalah miliknya dan barang bukti langsung disita. Tersangka dan barang bukti dibawa ke Polres Bukittinggi guna pemeriksaan lebih lanjut," tutup Kasat. (h/ril)

Reporter : Yursil Masri | Editor : AGE

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]