Demontrasi Hari Ini Lumayan Damai, Mahasiswa Akhirnya Bubarkan Diri


Selasa, 01 Oktober 2019 - 20:26:00 WIB
Demontrasi Hari Ini Lumayan Damai, Mahasiswa Akhirnya Bubarkan Diri Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan (dua kanan) menyalami mahasiswa yang hendak pulang di Stasiun Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (1/10/2019) (ANTARA News/Fathur Rochman)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Gelombang aksi mahasiswa yang berdemonstrasi dekat gedung DPR/MPR RI Jakarta mulai surut, Selasa petang.Kepulangan mereka menuju Stasiun Palmerah mendapat pengawalan langsung dari kepolisian dan TNI.  

"Mereka enggak mau ribut, enggak mau rusuh, mereka takut ada penyusup. Tadi minta dikawal kami TNI dan Polri, minta difasilitasi sampai Stasiun Palmerah," ujar Kapolres Jakarta Pusat, Harry Kurniawan seperti dikutip dari antaranews.com, Selasa malam.

Harry mengapresiasi aksi mahasiswa yang melaksanakan demonstrasi dengan simpatik, tertib serta tidak ada tindakan provokatif yang dapat memancing kericuhan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan mahasiswa yang terdiri dari berbagai universitas, termasuk 21 kampus yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), antara lain Universitas Ibnu Chaldun, Universitas Pakuan dan Institut Pertanian Bogor mulai membubarkan diri sekitar pukul 17.30 WIB.

Mereka melakukan longmarch menyusuri jalan Gerbang Pemuda, Jalan Gelora, hingga Jalan Tentara Pelajar, sebelum memasuki Stasiun Palmerah untuk menaiki KRL.

Sebelum pulang menaiki KRL, para mahasiswa meneriakkan ungkapan apresiasi kepada pihak Kepolisian dan prajurit TNI AL yang mengawal aksi mereka dengan pendekatan persuasif.*
 

Editor : DNJ

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]