Pemilihan Pimpinan DPD RI Memanas, Also: Dipicu Persoalan Tatib


Selasa, 01 Oktober 2019 - 21:02:28 WIB
Pemilihan Pimpinan DPD RI Memanas, Also: Dipicu Persoalan Tatib Pelantikan anggota MPR/DPR/DPD RI masa bakti tahun 2019-2024. (dtc)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Situasi terkini  menjelang pemilihan pimpinan DPD RI, semakin memanas  karena adanya aksi untuk menolak pemberlakuan tatib baru yang diduga kontraversial,  cacat formil dan prosedural

Alirman Sori, anggota DPD asal pemilihan  Sumbar yang dikonfrimasi harianhaluan.com membenarkan kian menigginya tensi politik dilingkung DPD RI.
  
Menurut Alirman Sori, persoalan tatib menghangat, karena adanya pasal tertentu di dalam tatib dinilai mendegradasi  hak politik seseorang maju sebagai calon pimpinan DPD RI, misalnya tidak pernah mendapat saksi pelanggaran tatib, pelanggaran kode etik dan tidak dalam bersatatus sebagai tersangka, sementara mereka terpilih sebagai anggota DPD.

"Secara  aturan seseorang yang terpilih berhak untuk memilih dan dipilih menduduki jabatan tertentu," ujar Alirman Sori.

Namun menurut  politisi yang lama malintang  jadi wakil rakyat ini, kondisi memanas itu  adalah hal yang biasa, memang politik itu pergerakannya lebih cepat dibandingkan kecepatan pesawat tempur, jenis minyaknya berkelas atur, jadi pembakaran cepat sekali," kata Also panggilan akrabnya.

"Tetapi secepat apapun kecepatan politik bergerak, tidak boleh melanggar aturan. Ibarat teori sumbu, sekencang apapun bergeraknya sebuah motor, jari-jarinya tetap berada pada sumbunya, "ungkap  Also.

Ketika ditanya isu  calon pimpinan DPD RI yang mengancam untuk mendukung, Alirman Sori, kaget. "Kalau itu benar adanya mesti dilawan, tidak ada haknya untuk mengacam hak konstitusional seseorang mendukung atau tidak mendukung. Kapan perlu laporkan," Also geram.

Tetapi, ungkap Alirman Sori,sepengetahuannya, sosok calon pimpinan yang ada baik-baik semua. "Tentu kita berharap kepada semua bakal calon pimpinan jangan macam-macam, kalau ingin serius menjadi pimpinan baik-baik sama anggota, "timpal Also.

Menurutnya,dari kandidat pimpinan diantaranya La Nyalla, Sultan Najamuddin, Nono Sampono, Mahyuddin dan GKR Hemas punya peluang sama menjadi pimpinan DPD RI.

Also yakin, sosok Ketua yang akan terpilih nanti adalah sosok yang baik, cerdas, pintar, berpengalaman dan yang tidak suka marah-marah. *
 


Reporter : dn /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 November 2019 - 08:27:02 WIB

    Ini Target PKS pada Pemilihan Kepala Daerah 2020

    Ini Target PKS pada Pemilihan Kepala Daerah 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan bisa memenangkan 60 persen Pemilihan Kepala Daerah 2020. Target tersebut merupakan salah satu hasil rekomendasi Rapat Koordinasi 2019 PKS yang digelar em.
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 20:37:44 WIB

    Mekanisme Pemilihan Presiden Disebut Politisi Boleh Diubah

    Mekanisme Pemilihan Presiden Disebut Politisi Boleh Diubah Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR Ahmad Ali menganggap perubahan mekanisme pemilihan calon presiden-wakil presiden melalui amendemen UUD 1945 bukan hal yang tabu. Menurutnya, itu bisa saja dilakukan jika masyarakat tak in.
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 21:45:25 WIB

    Sidang Pemilihan Memanas, Inilah Para Calon Pimpinan DPD 2019-2024

    Sidang Pemilihan Memanas, Inilah Para Calon Pimpinan DPD 2019-2024 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan pemilihan calon Pimpinan DPD RI di masing-masing gugus atau wilayah, Selasa (1/10/2019) sore, telah menghasilkan 4 nama. Untuk Gugus atau wilayah Barat I muncul nama Sultan Bactiar (Ben.
  • Senin, 03 Juli 2017 - 19:20:06 WIB

    Pemilihan Wali Nagari di Tanah Datar Dilakukan Serentak 13 September 2017

    Pemilihan Wali Nagari di Tanah Datar Dilakukan Serentak 13 September 2017 TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar meluncurkan pesta demokrasi pemilihan walinagari (Pilwanag) secara serentak pada 13 September mendatang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM