Program Pengendalian Iklim Sukses, Bupati Termuda Ini Terima Penghargaan dari Menteri LHK


Rabu, 02 Oktober 2019 - 11:00:10 WIB
Program Pengendalian Iklim Sukses, Bupati Termuda Ini Terima Penghargaan dari Menteri LHK Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menerima penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) atas jasanya sebagai Penanggungjawab Aksi Mitigasi Pengendalian Iklim. Penghargaan tersebut akan diserahkan langsung Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wana Bhakti Senayan Jakarta hari ini, Rabu (2/10).

Bupati termuda di Indonesia itu sudah bertolak ke Jakarta sore kemarin. “Ini penghargaan luar biasa di terima Bapak Bupati saat ini. Selain penghargaan sebagai penanggungjawab aksi mitigasi, namun juga aksi mitigasi itu terigestrasi dalam system registrasi nasional (SRN),” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Drg. Erina, MKM. Erina yang turut mendampingi Bupati Sutan Riska menerima penghargaan atas nama seluruh rakyat Kabupaten Dharmasraya tersebut, Rabu (2/10).

Baca Juga : PKS Desak Pemerintah Akurat Buat Perencanaan Listrik 2021-2030

Erina mengungkapkan, perubahan iklim akhir akhir ini memang cukup merepotkan masyarakat. Mulai dari pergeseran musim kemarau dan musim hujan, peningkatan suhu udara, munculnya gelombang pasang yang kian besar dan bahkan kerap munculnya angin topan dan lain lain.

Perubahan iklim tersebut ini telah membawa dampak bagi perekonomian, kesehatan dan sosial kemasyarakatan yang tidak kecil. Oleh karena itu, iklim perlu dikendalikan dengan melakukan mitigasi perubahan iklim sebagaimana yang telah dilakukan okeh Pemkab Dharmasraya.

Baca Juga : Terkait Kasus Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi 

Di Dharmasraya, Pemkab telah melaksanakan sejumlah aksi dalam rangka menurunkan emisi, terutama emisi carbondioksida. Mitigasi itu dilakukan dengan melaksanakan pemanfaatan pekarangan dengan beraneka tanaman buah, sayuran dan tahaman tanaman semusim lainnya. Tanaman ini akan menurunkan emisi gas karbon dan bisa memperbaiki kualitas udara, serta menekan perubahan iklim sebagaimana yang sudah terjadi.

Sejumlah upaya juga dilakukan oleh Dinas Pertanian, seperti pengembangan buah buahan, peremajaan dan perluasan perkebunan karet dan bahkan penanaman bambu di areal bekas tambang liar juga dinilai menjadi aksi mitigasi yang sudah dikakukan oleh Pemkab Dharmasraya dibawah kendali Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wakil Bupati H. Amrizal Dt. Rajo Medan.

Baca Juga : Hina Pigai dengan Gorila, Ambroncius Nababan Dilaporkan ke Polisi

"Karya-karya kita dalam melaksanakan mitigasi ini membuahkan penghargaan. Ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat atas upaya mitigasi iklim yang sudah kita lakukan selama ini. Terima kasih masyarakat yang telah mendukung menyukseskan program ini," tambah Erina. (*)

Reporter : Ist | Editor : DavidR

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2021 - 01:08:31 WIB

    PKS Desak Pemerintah Akurat Buat Perencanaan Listrik 2021-2030

    PKS Desak Pemerintah Akurat Buat Perencanaan Listrik 2021-2030 Anggota Komisi VII DPR RI ingatkan PLN agar cermat, akurat dan berhati-hati dalam menyusun revisi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2021-2030. PLN diminta tidak mengulangi kekeliruan dalam memprakirakan pe.
  • Senin, 25 Januari 2021 - 23:52:22 WIB

    Terkait Kasus Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi 

    Terkait Kasus Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi  Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono memastikan aparat kepolisian akan menerapkan konsep Presisi atau pemolisian prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, dalam mengusut kasus dugaan tindakan rasisme ke.
  • Senin, 25 Januari 2021 - 22:09:10 WIB

    Hina Pigai dengan Gorila, Ambroncius Nababan Dilaporkan ke Polisi

    Hina Pigai dengan Gorila, Ambroncius Nababan Dilaporkan ke Polisi Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan penyidik Bareskrim Polri mengambil alih kasus dugaan ujaran mengandung SARA terhadap mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang diduga dilakukan o.
  • Senin, 25 Januari 2021 - 21:15:20 WIB

    PKS Sindir Gerindra yang Minta Anies Baswedan Mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta

    PKS Sindir Gerindra yang Minta Anies Baswedan Mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta Ketua DPC Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis meminta Anies Baswedan mundur sebagai Gubernur DKI Jakarta. Merespon pernyataan itu, Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani menegaskan, dalam berpolitik, harus ada etik.
  • Senin, 25 Januari 2021 - 20:47:17 WIB

    Pepen Nazaruddin Diduga Ikut Terseret Kasus Korupsi Bansos

    Pepen Nazaruddin Diduga Ikut Terseret Kasus Korupsi Bansos Posisi Pepen Nazaruddin sebagai Direktur Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Dirjen Linjamsos Kemensos) harus dipertaruhkan karena diduga terseret dalam kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Corona..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]