Sehari Dilantik, 335 Anggota DPR dan DPD Tak Hadir di Sidang Paripurna MPR


Rabu, 02 Oktober 2019 - 14:25:37 WIB
Sehari Dilantik, 335 Anggota DPR dan DPD Tak Hadir di Sidang Paripurna MPR Sidang paripurna ke-2 MPR usai dilantik kemarin.

HARIANHALUAN.COM -- Hampir setengah anggota DPR dan DPD tak menghadiri sidang paripurna MPR, Rabu (2/10). Dari 711 anggota DPR dan DPD, hanya 376 anggota yang hadir berdasar absensi yang dibacakan saat pembukaan sidang. Artinya, 335 anggota lainnya tidak hadir. Padahal mereka baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota DPR dan DPD pada Selasa (1/10) kemarin. 

Bahkan satu pimpinan sementara MPR, Sabam Sirait yang harusnya memimpin jalannya sidang, juga ikut absen. Akhirnya sidang hanya dipimpin oleh satu pimpinan, yakni Hillary Brigitta Lasut. Hal itu membuat perdebatan terkait keabsahan sidang. Akhirnya, sidang sempat diskors sementara untuk melakukan rapat konsultasi antar fraksi. 

Baca Juga : Hanya 45 Hari, Kementerian PUPR Berhasil Tuntaskan Tiga RS Rujukan Covid-19

Adapun agenda sidang paripurna hari ini adalah untuk memilih pimpinan MPR. Berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR dan DPD yang baru direvisi, pimpinan MPR berjumlah 10 orang. Jumlah itu terdiri dari perwakilan 9 fraksi dan satu unsur DPD. Artinya, setiap fraksi akan mendapat jatah kursi pimpinan. 

Setiap fraksi akan menyerahkan nama anggotanya yang akan diusulkan menjadi pimpinan MPR. Setelah itu akan dipilih satu orang menjadi Ketua MPR. (*)

Baca Juga : Polisi Wajib Baca Kitab Kuning, Muhammadiyah: Belum Tentu Menjamin Bisa Tangani Masalah Agama dengan Baik

Editor : AGE

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]