Cegah Stunting, Pemkab Solok Terapkan Pola Hidup Sehat


Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:38:36 WIB
Cegah Stunting, Pemkab Solok Terapkan Pola Hidup Sehat Asisiten II Setda Kab. Solok Medison terlihat kompak berkomitmen Kabupaten Solok Sadar Stunting bersama peserta sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) yang digelar oleh Kemenkominfo di Mami Resto Solok, Kamis (3/10). WANDI MALIN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Pemerintah terus berupaya mencegah tingginya angka stunting di tengah masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS harus diterapkan oleh semua orang, tidak terkecuali para generasi muda.

Untuk mencapai tujuan itu, Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) RI dengan menggendeng Dinas Kominfo Kabupaten Solok melaksanakan Sosialisasi Genbest ( Generasi Bersih dan Sehat) dalam rangka penurunan Prevalensi Stunting 2019 di Mami Hotel Solok, Kamis (3/10).

Bupati Solok diwakili Asisten Ekbangkesra Medison yang didaulat membuka sosilaisasi ini menyebutkan, stunting masih menjadi isu nasional dan merupakan masalah kesehatan yang perlu ditangani secara serius.

Dikatakan, stunting merupakan nama lain dari tubuh kerdil atau pendek berusia dibawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama lehidupan. Dikaitkan dengan kondisi Kabupaten Solok, dari data Rikesdas tahun 2013 sebesar 39,96 persen.

“Sedangkan tahun 2018 prevalensi stunting Kabupaten Solok 30,5 persen, atau masih diatas target WHO sebesar 20 persen," ujar Medison.

Atas kenyataan itu, Pemkab Solok terus melakukan upaya percepatan penurunan prevalensi stunting melalui intervensi Gizi dan mewujudkan PHBS bagi masyarakat. Sasaran penurunan prevalensi stunting adalah remaja. Sementara masalah yang kerap terjadi pada remaja adalah anemia dan terlalu kurus atau terlalu gemuk. “Anemia kerap dipicu oleh keinginan berbadan kurus karena takut gemuk. Padahal keduanya tidak baik untuk kesehatan," paparnya.

Medison juga menggugah upaya penurunan prevalensi stunting dengan memenuhi kebutuhan gizi melalui isi Piringku yang notabene menjadi jawaban bagi masyarakat dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Sementara itu, dari paparan narasumber tentang porsi Isi Piringku lebih mengedepankan makanan pokok, yakni sumber kabohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3.

Panduan makan sehat ini tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga memastikan tubuh sehat dan cukup gizi. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui Kampanye Isi Piringku. Padahal dengan menerapkan Isi Piringku, stunting bisa dicegah sejak awal.

Di sisi lain, Kementerian Kominfo sebagai Koordinator Kampanye Nasional Penurunan Prevalensi Stunting menyelenggarakan forum sosialisasi Genbest di 30 lokasi prioritas stunting sepanjang tahun 2019, dimana Solok menjadi lokasi ke-25 penyelenggaraan Genbest 2019.

Kementerian Kominfo berharap dengan adanya Forum Sosialisasi Genbest ini, para remaja Solok juga dapat menjadi agen komunikasi dalam mensosialisasikan dan mengomunikasikan mengenai pencegahan stunting kepada teman-teman sebaya mereka, baik melalui tatap muka maupun melalui sosial media.

Kominfo juga mengajak masyarakat untuk dapat melakukan 3P (Peduli, Pahami dan Partisipasi) untuk membantu pengurangan stunting. Peduli berarti masyarakat peduli dengan sekitar, terutama kondisi kesehatan keluarga. Pahami sebanyak mungkin informasi terkait stunting.

Tak hanya melalui Forum Sosialisasi Genbest, para remaja bisa mendapatkan informasi lebih lanjut seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak juga dapat diakses melalui situs genbest.id dan media sosial @genbestid serta @infokompmk. Para generasi muda dapat pula mengunduh aplikasi android ‘Anak Sehat’ untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan ibu dan anak serta sebagai alat pantau digital tumbuh kembang anak. (h/ndi)


Reporter : Wandi Malin /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM