Harganas Diundur, Ini Penjelasan Pemprov dan BkkbN Sumbar


Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:42:27 WIB
Harganas Diundur, Ini Penjelasan Pemprov dan BkkbN Sumbar Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat bertemu dengan pihak BKKBN di Padang, Kamis (3/9). YESI
PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan memundurkan hari pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 yang akan dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat.
 
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat bertemu dengan pihak BKKBN di Padang, Kamis (3/9), mengatakan awalnya pelaksanaan Harganas ini akan bersamaan dengan kegiatan Pekan Nasional Tani dan Nelayan (Penas Tani), namun setelah dikaji ulang hal itu tidak memungkinkan sehingga dipisah.
 
“Kita memilih kegiatan ini dilaksanakan dengan jadwal yang berbeda karena kalau bersamaan fokusnya akan terpecah dan jika dipisah akan lebih baik. Kita sepakat memundurkan kegiatan ini seminggu dari jadwal awal,” ucap IP.
 
Jika dua kegiatan nasional ini dilaksanakan secara bersamaan, menurut IP pesertanya tidak akan tertampung oleh hotel dan penginapan di Kota Padang.
 
“Memang panitia akan kesulitan, namun domain kedua acara ini berbeda dan sumber anggaran juga berbeda. Saya rasa lebih baik jika dipisah,” katanya lagi.
 
Ia mengatakan pelaksanaan Harganas di Sumatera Barat akan membawa banyak dampak kepada daerah mulai dari kehebohan banyaknya orang yang berkunjung ke Sumbar hingga dampak ekonomi orang yang akan berbelanja.
 
“Pengitungan mundur telah kita lakukan dan kehebohannya sudah dimulai. Kita beruntung dengan pelaksanaan kegiatan ini di Sumbar sehingga memberikan dampak positif,” jelasnya.
 
Sementara itu Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, M Yamin memprediksi pada peringatan Harganas 2020 Kota Padang Sumatera Barat akan kedatangan sekitar 10 ribu orang yang akan memperingati kegiatan tersebut.
 
“Jumlahnya tentu dapat bertambah karena masa persiapan cukup panjang yakni sekitar delapan hingga sembilan bulan lagi,” katanya.
 
Ia mengatakan dalam peringatan tersebut akan diselingi rangkaian kegiatan yang tidak hanya ada di Kota Padang namun juga beberapa kota dan kabupaten di Sumbar. Hal ini bertujuan agar seluruh masyarakat Sumatera Barat merasakan dampak pelaksanaan Harganas di daerah mereka.
 
Menurut dia dalam rangkaian kegiatan akan fokus pada dua hal yaitu pelayanan kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.
 
Ia mengatakan untuk pelayanan masyarakat akan diisi kegiatan berupa pelayanan kesehatan, pemasangan kb dan konseling keluarga. Sementara untuk pemberdayaan dengan melakukan pembinaan di kampung kb dan juga mendorong mereka meningkatkan perekonomian.
 
“Berbagai kegaitan akan dilaksanakan di beberapa kota dan kabupaten walaupun tidak seluruh daerah, ini bertujuan agar masyarakat merasakan dampak pelaksanaan Harganas di Sumbar,” katanya. (h/mg-yes)

Reporter : Yesi | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]