Fitri Nora dari Gerindra, Perempuan Pertama Ketua DPRD Kota Pariaman


Sabtu, 05 Oktober 2019 - 01:14:24 WIB
Fitri Nora dari Gerindra, Perempuan Pertama Ketua DPRD Kota Pariaman Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora didampingi Wakil Ketua menerima palu pimpinan sidang dari ketua sementara, usai mengucapkan sumpah sebagai Pimpinan defenitif di Aula DPRD Kota Pariaman, Jumat (4/10). YUHENDRA

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM- Tiga orang pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyak Daerah (DPRD) Kota Pariaman diambil sumpah pada Rapat Paripurna Pengucapan sumpah pimpinan di Aula DPRD Kota Pariaman, Jumat (4/10) sore.

Tiga pimpinan DPRD itu adalah Fitri Nora selaku Ketua dari Partai Gerindra, Faisal sebagai Wakil Ketua dari Partai Gokar dan Mulyadi dari Partai PPP.

"Ada beberapa hal yang harus dikerjakan dalam waktu dekat, pertama pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), insyallah hari seni kita akan selesaikan pembentukanya," kata Fitri Nora.

Selain itu, Ketua DPRD Perempuan Pertama di Kota Pariaman ini juga menyampaikan setalah pembentukan AKD, selanjutnya hal internal lainya yang perlu dikerjakan adalah pembuatan kode etik dan tartip dewan.

"Itu untuk internal, namun ada hal terpenting yang sangat perlu dilakukan dalam waktu dekaat yaitu melakukan koordinasi dengan eksekutif serta pihak lainya yang terkait dengan kinerja Dewan, penataan diinternal dewan, agar kita bisa bekerja dengan baik untuk rakyat," katanya.

Ia juga menyampaikan, tahun 2019 ini hanya tinggal tiga tentu DPRD harus menetapkan APBD tahun 2020, dimana anggaran itu harus ditetapkan sebelum 30 November 2019 ini. Untuk itu pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin agar APBD itu bisa selesai sebelum batas akhir tersebut.

"Selama lima tahun saya di DPRD ini, Kota Pariaman selalu bisa menyelesaikan APBD sebelum tanggal 30 November itu, dan tahun ini dipastikan akan selesai dalam waktu dekat, itu membutuhkan kerja keras untuk itu kami akan memantapkan internal terlebih dahulu," kata Fitri Nora.

Walaupun hanya seorang diri wanita dan juga menjabat sebagai Ketua Dewan, Fitri Nora tidak merasa canggung, malahan ia sangat yakin bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, ia juga menyadari itu tidak terlepas dari peranan dan dukungan dari anggota lainya. "Insyallah kita Pariaman ini badunsanak, kita selalu bersinergi dan perbeaan gender itu tidak menjadi masalah," katanya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan DPRD dan Pemerintahan Kota Pariaman adalah mitra sejajar, dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat melalui perda dan perencanaan pembangunan di Kota Pariaman. "Itu semua bisa dilaksanakan atas mitra baik antara Pemerintah dan DPRD Pariaman," katanya.

Selain itu, Walikota berharap kepada Ketua DPRD Kota Pariaman bisa dijalankan atau dimotori dengan bermitra dengan pemerintahan sehingga bisa mejudukan visi misi Kota Pariaman bidang pariwisata dan berbagai program unggulan daerah yang telah masuk dalam RPMJ Kota Pariaman.

"Kita berharap dengan lidersipnya bisa memitori dinamika di DPRD sehingga terjuwudnya visi misi Kota Pariaman kedepan, serta bernagai program unggulan seperti satu rumah satu sarjana dan sebagainya," kata Genius.

Selema ini, lanjut Genius, koordinasi Pemerintahan Kota Pariaman dengan DPRD sengat harmonis dan konstruktif, menurutnya hubungan yang seperti itu akan berlanjut pada periode selanjutnya. Terkait dengan dipimpin oleh Perempuan menurut Genius itu juga sangat menguntungkan untuk pembangunan Pariaman kedepanya.

"Saya pikir kalau pimpinan perempuan sensitifitasnya, dimana dengan sensifif menghadapi apa yang dikeluhkan masyarakat saya kira itu akan lebih baik," katanya.(hen).


Reporter : HENDRA /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Februari 2017 - 17:03:22 WIB

    Suwandel-Fitrial Menang di Lapas II B Payakumbuh

    Suwandel-Fitrial Menang di Lapas II B Payakumbuh PAYAKUMBUH, HALUAN – Pasangan Calon no urut 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri menang di Lembaga Permasyarakatan II B Payakumbuh dalam Pilkada Serentak Walikota – Wakil Walikota Payakumbuh periode 2017-2022, 15 Februa.
  • Senin, 26 September 2016 - 12:08:16 WIB
    Pilkada Payakumbuh

    Dukungan NasDem Payakumbuh ke Suwandel - Fitrial Tanpa SK DPP

    Dukungan NasDem Payakumbuh ke Suwandel - Fitrial Tanpa SK DPP Dinamika ini tentu saja merugikan NasDem yang memiliki 2 kursi di DPRD Payakumbuh. Dengan kekuatan itu, NasDem seyogyanya bisa jadi pengusung, dan tak sekadar pendukung.
  • Senin, 26 September 2016 - 01:36:07 WIB
    PARTAI PENDUKUNG W-FI BENTUK KOALISI BADUNSANAK

    Nasdem Merapat ke Suwandel-Fitrial

    Nasdem Merapat ke Suwandel-Fitrial PAYAKUMBUH, HALUAN — Lebih separuh kursi DPRD Kota Payakumbuh, dikuasai pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh 2017-2022, Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri. Kini, total pendukung Suwandel-Fitrial .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM