Aneh! Komat Kamit Tepuk Dada, Tingkah Pesepakbola Ini Buat Penonton Penasaran


Sabtu, 05 Oktober 2019 - 08:29:38 WIB
Aneh! Komat Kamit Tepuk Dada, Tingkah Pesepakbola Ini Buat Penonton Penasaran Aneh! Komat Kamit Tepuk Dada, Tingkah Pesepakbola Ini Buat Penonton Penasaran. dok/bolabanget

HARIANHALUAN.COM – Ada pemandangan yang aneh setiap pemain sepakbola ini turun bertanding. Jika pemain biasanya berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum bertanding, akan tetapi pemain ini aksinya seperti ritual ala dukun.

Dialah pesepakbola asal Jepang, Tomoaki Makino. Akibat aksinya itu, pemain yang membela klub Urawa Red Diamond ini menjadi pusat perhatian penonton setiap pertandingan. Tak hanya penonton, cameramen pun tertarik, sehingga sering menjadi perhatian kamera TV juga.

 

Sumber: HaluanTV

Pemain yang sudah membela Urawa Red Diamond sejak 2013 lalu itu mengaku ritual itu memang kerap ia lakukan sebelum pertandingan. Alasannya, ia menyebut ritualnya tersebut sebagai tindakan untuk mengangkat mental pribadinya sebelum bermain.

Tomoaki Makino melakukan ritual dengan cara menepuk dadanya sembari komat-kamit mengatakan sesuatu hal. Karena itu, pria berusia 32 tahun tersebut menjadi pemain yang paling diperhatikan sebelum laga.

“Saya melakukan ritual ini sebelum pertandingan sebagai tindakan mengangkat mental pribadi. Saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya akan menang dan saya lebih baik daripada lawan mana pun, semacam motivasi diri,” ungkap Makino seperti dikutip Football5Star.com dari video wawancara AFC.

Ia pun mengklaim bahwa ritualnya tersebut layaknya seperti Tarian Haka yang kerap dilakukan oleh Tim Rugby dari Selandia Baru. Hal itu diakuinya sangat bermanfaat untuk menempatkan kepercayaan dirinya dalam laga yang akan dijalaninya.

“Itu mirip dengan Tari Haka dari Tim Rugby Selandia Baru. Itu rutinitas saya sebelum pertandingan untuk mendapatkan diri saya di pertandingan,” pungkasnya. (*)

 Sumber : football5star.com /  Editor : DavidR

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]