Bersiap!!! Rekrutmen CPNS 2019 Diumumkan Pekan Keempat Oktober


Sabtu, 05 Oktober 2019 - 11:55:57 WIB
Bersiap!!! Rekrutmen CPNS 2019 Diumumkan Pekan Keempat Oktober Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Pemerintah akan mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019, pada pekan keempat Oktober tahun ini. Proses pendaftarannya sendiri akan mulai dibuka pada November 2019.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2019 sendiri digelar Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 25 September lalu. Proses pendaftarannya sendiri akan mulai dibuka pada November 2019.

"Proses Seleksi administrasi pada bulan Desember, dan seterusnya," ujar Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian (BKN) Mohammad Ridwan dalam siaran pers.

Ia mengatakan total formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen CPNS 2019 adalah 197.111 posisi. Rinciannya adalah kementerian/lembaga (K/L) sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi.

"Namun demikian perlu diketahui bahwa angka tersebut masih dalam tahap finalisasi hingga saat ini," ujar Ridwan.

Ridwan menuturkan ada lima hal yang membuat formasi CPNS 2019 belum bisa dimutakhirkan walaupun proses pendaftaran dimulai bulan depan.

Pertama, kata dia, akan disesuaikan kembali dengan skema kabinet yang baru pascapelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Kedua, terdapat beberapa proses dalam rekrutmen CPNS dengan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan dan tidak mungkin dipersingkat.

"Proses ini antara lain meliputi masa pengumuman selama 15 hari kalender, penyampaian persyaratan pelamaran secara daring selama 10 hari kalender dan sebagainya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS," ujar Ridwan.

Ketiga, anggaran rekrutmen dan gaji CPNS 2019 pada sebagian Kementerian, Lembaga, dan Daerah (K/L/D) kemungkinan telah dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih prioritas serta harus selesai dipertanggungjawabkan pada pertengahan Desember.

"Sehingga jika proses seleksi dipaksakan selesai pada tahun ini akan menimbulkan konsekuensi anggaran yang rumit," kata dia.

Keempat, sebanyak 541 K/L/D yang akan membuka formasi CPNS tahun 2019 harus melaksanakan training dan entry formasi pada sistem daring yang baru. Hal itu penting dilakukan agar meminimalisasi kesalahan input yang berakibat fatal bagi calon peserta seperti yang terjadi di beberapa tempat pada CPNS 2018.

Terakhir, pada akhir Desember beberapa wilayah di Indonesia Timur (Papua, Papua Barat, Maluku, NTT) akan libur lebih lama untuk melaksanakan perayaan Natal. Walhasil, proses rekrutmen tidak akan berjalan optimal di tempat-tempat tersebut.. (h/cnn)

Baca Juga : Waduh! Sejumlah Nomor Pengguna WhatsApp Bocor Lagi di Google Search

Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 20:35:11 WIB

    Waduh! Sejumlah Nomor Pengguna WhatsApp Bocor Lagi di Google Search

    Waduh! Sejumlah Nomor Pengguna WhatsApp Bocor Lagi di Google Search Belum usai pembicaraan publik terkait kebijakan baru WhatsApp yang membuat pengguna wajib membagikan datanya ke Facebook. Kali ini, muncul sebuah masalah yang bisa dibilang cukup serius dan menyangkut privasi pengguna WhatsAp.
  • Selasa, 19 Januari 2021 - 13:47:35 WIB

    Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Terkait Privasi Data

    Jutaan Orang Tinggalkan WhatsApp Terkait Privasi Data Usai Whatsapp mengumumkan perubahan kebijakan privasi datanya, jutaan pengguna aplikasi pertukaran pesan ini mulai beralih ke layanan alternatif dalam sepekan terakhir..
  • Senin, 18 Januari 2021 - 23:53:27 WIB

    Kembali Viral, Aplikasi FaceApp Bikin Cowok Jadi Manis

    Kembali Viral, Aplikasi FaceApp Bikin Cowok Jadi Manis Media sosial belum lama ini diramaikan dengan unggahan yang mengubah tampilan wajah seseorang. Namun tahukah kamu kalau perubahan tersebut dihasilkan menggunakan aplikasi FaceApp..
  • Senin, 18 Januari 2021 - 10:43:16 WIB

    Solusi Mengatasi Bosan, Silahkan Coba Game-Game Ringan dan Seru Ini

    Solusi Mengatasi Bosan, Silahkan Coba Game-Game Ringan dan Seru Ini Di masa pandemi ini mengharuskan kita untuk melakukan kegiatan atau kerja di rumah saja. Terkadang waktu di rumah bikin kita mati gaya, apalagi setelah seharian berkutat didepan laptop. .
  • Ahad, 17 Januari 2021 - 16:45:54 WIB

    Signal Sempat Keok Gegara Kebanjiran Pengguna Baru

    Signal Sempat Keok Gegara Kebanjiran Pengguna Baru Aplikasi pesan instan Signal menyatakan sempat mengalami gangguan teknis selama beberapa hari akibat kelebihan muatan atau overload server pada Jumat (15/1) kemarin. Kebanjiran pengguna diduga imbas banyaknya pengguna WhatsAp.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]