Bangunan TPS3R Balai Naras Tuntas Dikerjakan


Sabtu, 05 Oktober 2019 - 18:55:58 WIB
Bangunan TPS3R Balai Naras Tuntas Dikerjakan TPS3R yang sudah selesai dikerjakan di Balai Nareh Pariaman Pariaman Utara Kota Pariaman. TRISNALDI

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -  Pembangunan fisik Tempat Pemrosesan Sampah Sementara (TPS3R) di Desa Balai Naras Pariaman Utara Kota Pariaman selesai dibangun. Namun isinya masih kosong.

Sekretaris Perkim LH Kota Pariaman, Mohd Sukri, Sabtu (5/10) mengatakan, TPS3R, untuk sementara kondisinya memang demikian belum ada sarana dan prasarananya.

Baca Juga : Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi

TPS3R, difungsikan secepatnya. Paling tidak dalam bulan ini telah dilakukan pemilahan sampah, mana yang bisa didaur ulang mana yang dan inilah nantinya dibawa ke tempat pemrosesan akhir di tungkal selatan. Sampah yang diproses disini, sampah yang berasal dari lingkungan setempat, inilah yang diolah disini.

“Tempat pemrosesan sampah tersebut, tahun 2020 dilengkapi dengan mesin pencecah plastik, pemuatan kompos, sehingga sampah yang sudah dipilah disini, punya nilai ekokomi,” sebutnya.

Baca Juga : Sejumlah Pejabat di Kabupaten Pesisir Selatan Batal Divaksin

Kopasitas 10 ton/hari inilah yang dipilah baik organik dan non organik. Organik didaur ulang jadi kompos, unorganik semisal sampah plastik akan dicacah dan bisa dikirim ke pabrik plastik.

Dengan adanya TPS3R itu, banyak sampah nanti yang akan terurai jadi nilai ekonomis. Ascot IC Kotaku, Nofrizal Busri mengatakan, pembangunan TPS3R dibangun melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan dana APBN sebesar Rp495juta via Satker Peningkatan Infrastruktur Permukiman di Lingkungan Hidup.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 158 Kasus, Didominasi dari Kota Padang

Di lokasi TPS 3 R yang sudah dibangun itu, ada bak pengomposan dan dua gudang untuk biji plastik yang sudah dicacah.

Sementara Kades Balai Nareh, Ridwan A, dengan adanya TPS 3 R di desanya diyakini ke depan dapat memberikan nilai ekonomis kepada warga, karena sampah berasal dari rumahtangga diolah disini sesuai peruntukanya.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah 7 Orang

Katakanlah sampah dedaunan bisa diolah jadi kompos dan dengan mutu yang bagus pasti bisa masuk pasar.

Apalagi, ke depan akan dibangun pula bank sampah, makin terkuak dari sampah akan mengalirkan rupiah bagi masyarakat. (h/tri)

Reporter : Trisnaldi | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]