Sawah Dipenuhi Kerikil, Petani Koto Tinggi Gagal Panen


Sabtu, 05 Oktober 2019 - 19:05:38 WIB
Sawah Dipenuhi Kerikil, Petani Koto Tinggi Gagal Panen Hamparan sawah petani dekat batang kamumuan yang sering menjadi sergapan luapan sungai tersebut. TRISNALDI

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Tanaman padi sawah petani di Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman sering gagal panen karena dihantam banjir Batang Kamumuan.

Seperti diungkapkan Win, petani di Korong Simpang Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir. Kini sawah tak bisa ditanam padi karena telah terisi pasir kerikil akibat banjir beberapa waktu lalu. Padahal padi ketika itu hampir berbuah.

Begitu pula dengan Mis, salah seorang petani di Kampung Koto. “Kalau musim hujan tiba, atau hujan lebat di arah hulu, kegamangan timbul, kalau-kalau air batang Kamumuan meluap dan menghondoh tanaman padi di sawah,” sebutnya.

Zainal, petani lainnya juga mengatakan hal yang sama. Kekhawatiran luapan batang kamumuan ketika musim bertanam padi ke sawah tiba barengan dengan musim hujan.

Petani itu berharap ada solusi mengantisipasi luapan batang kamumuan yang sering menghajar sawah ladang petani, terutama yang berlokasi dekat dengan aliran sungai tersebut.

Wali Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman Dt.Amizuir, Sabtu (5/10) terhadap keluhan petani dan warganya itu terkait dampak luapan Batang Kamumuan di Nagarinya, mengaku telah membuatkan proposal untuk norrmalisasi.

“Kita telah mengajukan proposal ke balai wilayah sungai untuk dapat membantu penanganan luapan batang kamumuan di nagarinya," kata dia.

Proposal itu diserahkan sudah lima bulan yang lalu, langsung diantar ke balai tersebut. Jawabanya baru survei lokasi oleh balai sekitar dua bulan yang lalu, mudah-mudahan terealisasi proposal yang diajukan tersebut.

Luas sawah dan ladan masyarakat di nagari ini cukup luas unumnya lokasinya sejajaran dengan permukaan sungai. “Kalaulah dapat bantuan yang diharapkan itu, tentu akan sangat baik memicu kemajuan pertanian di daerah ini yang ujung-ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebut wali nagari Dt Amizuir. (h/tri)

 

Reporter : Trisnaldi | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]