Jalan Kabupaten di Bayu Pessel Diperlebar


Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:31:37 WIB
Jalan Kabupaten di Bayu Pessel Diperlebar PENGERJAAN JALAN - Sesudut pembangunan pelebaran badan Jalan Asam Kumbang menuju Nagari Muara Aie tengah dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar mengunakan alat berat. M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat di empat nagari di Bayang Utara Pessel sepakat melaksanakan pembangunan pelebaran badan jalan kabupaten dari Nagari Asam Kumbang menuju Nagari Muaro Aie Kecamatan Bayang Utara (Bayu). Pelebaran jalan ini rencananya akan dilakukan dengan panjang sekitar 8 kilometer.

Wali Nagari Muaro Aie, Kecamatan Bayang Utara Pessel, Joenaidi, Minggu (6/10) mengatakan, empat nagari tersebut yatu, Nagari Limau Gadang, Nagari Pancung Taba, Nagari Muaro Aie dan Nagari Koto Ranah. Kegiatan pelebaran ini direspon positif oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

Baca Juga : Berkat Bayar Listrik Awal Bulan, Rika Pun Pergi Umrah

“Saat pelebaran jalan dilaksanakan, akses jalan akan dibuka tutup. Artinya, jalan akan dibuka pada jam 13.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB,” ulasnya.

Pelebaran jalan ini dikatakannya, salah satunya bertujuan untuk kelancaran hubungan transportasi lalu lintas dan juga sebagai persiapan jalur alternatif jalan provinsi Alahan Panjang Solok menuju Pasar Baru Pessel.

Baca Juga : Tanggulangi Pengemis dan Gepeng, Dinsos Kota Padang Berikan Pelatihan Keterampilan

Menurutnya, pelebaran jalan kabupaten tersebut sudah lama didambakan oleh masyarakat. Kini pekerjaaannya dilakukan secara bertahap dan didukung dengan keterbatasan anggaran dana yang ada. “Pada 2019 ini dilakukan pekerjaan dengan pelebaran jalan mengunakan beberapa unit alat berat untuk membenahi sisi jalan yang sempit dan berbatu,” ungkapnya lagi.

Pembangunan jalan Kabupaten Pesisir Selatan ini merupakan keinginan masyarakat dengan kondisi jalan yang memadai akan dapat menghindari kecelakaan.

Baca Juga : 3.000 Dosis Vaksin Sinovac Sudah Sampai di Dharmasraya

Camat Kecamatan Bayang Utara Pessel, Ronald Bernando mengakui, pelebaran jalan akan membantu memudahkan masyarakat, terutama dalam masalah transportasi yang dapat menghubungkan beberapa nagari di daerah ini.

Sementara itu, pembangunan jalan provinsi dari Nagari Muaro Aie yang bakal menjadi jalan alternatif Provinsi Sumbar ke daerah Solok sudah dilakukan pengaspalan sepanjang 2 kilometer. “Sedangkan dari Alahan Panjang Solok menuju Pessel sudah dilaksanakan pengaspalannya sepanjang 9 kilometer,” kata Ronald.

Baca Juga : Menyigi Nagari Sungai Duo Dharmasraya, Nagari Statistik Pertama di Indonesia

Masyarakat merasa bangga dan lega, bila jalan alternatif dari alahan Panjang Kabupaten Solok menuju Pasar Baru ibu kecamatan Bayang Pesisir Selatan telah selesai. Setidaknya akan terbuka peluang wisata terhadap ke kedua daerah bertetangga tersebut yaitu, Solok yang dikenal dengan Danau Atas dan Danau Bawah.

Sedangkan Pessel dikenal dengan objekwisata jembatan Akar, air terjun Bayang Sani dan beberapa kawasan objek wisata andalan Pessel seperti, Pantai Carocok Painan dan kawasan Mandeh di Tarusan Pessel akan semakin diminati oleh wisatawan. (h/mjn)

Reporter : M Joni | Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]