Muhammadiyah Lima Kaum Manfaatkan Pekarangan


Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:32:45 WIB

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Muhammadiyah Kecamatan Lima Kaum gandeng sejumlah unsur dalam pengembangan lahan pekarangan Panti Asuhan Aisyiyah Lima Kaum dan MTs Muhammadiah untuk tanaman sayuran.

Dalam memaksimalkan dan efisiensi lahan pekarangan itu, pola tanam dan bantuan bibit tanaman dibantu oleh Dinas Pertanian Tanah Datar, saat itu penyuluh pertanian juga mengedukasi para anak panti asuhan beserta pengasuh tentang tata cara efektif pengembangan lahan pekarangan dengan ditanami sayuran.

Ketua Muhammadiyah Kecamatan Lima Kaum, Mustafa Akmal, Sabtu (5/10)
dihadapan pengurus Muhammadiyah Lima Kaum, Sekcam Lima Kaum, pengurus
Aisyiyah, anak panti dan jajaran Dinas Pertanian Tanah Datar, menyebutkan tentang programnya untuk memanfaatkan lahan pekarangan menjadi produktif di halaman panti asuhan Aisyiyah dan pekarangan MTs Muhammadiyah Lima Kaum.

 

"Lahan kita cukup banyak yang tidak produktif, melalui bantuan Dinas Pertanian ini kita upayakan memberdayakannya agar bisa bermanfaat secara ekonomi dan menambah kegiatan pada anak-anak. Kita Muhammadiyah Kecamatan Lima Kaum juga menjadi salah satu dari tiga daerah di Sumbar untuk dinilai sebagai Muhammadiyah terbaik, jika berhasil akan maju ke tingkat nasional nanti. Dua lain yaitu Muhammadiyah dari Kota Padang dan Pasaman Barat," ujar Mustafa.

 

Dikatakan, dalam mewujudkan pemanfaatan lahan pekarangan itu, Senin (hari ini, red) Dinas Pertanian dan pengurus Aisyiyah Tanah Datar serta PKK Lima Kaum menyerahkan bantuan bibit berbagai tanaman di MTsM Lima Kaum, Simpang Manunggal. Ketua Muhammadiyah Tanah Datar Yuliasman, saat itu mengapresiasi program yang dicetuskan Muhammadiyah Lima Kaum dalam pemanfaatan lahan tidak produktif menjadi bermanfaat.

 

"Kita di Muhammadiyah Tanah Datar memiliki 60 persil lebih lahan, itu semua bisa diberdayakan untuk kedepannya, jika Lima Kaum sukses nanti akan diteladani oleh kecamatan lain. Siswa Madrasah perlu diedukasi untuk bisa memberdayakan lahan
pekarangan ini nanti, hasilnya pun bisa dimanfaatkan untuk anak panti
kita dan tentu akan mengurangi biaya konsumsi dapur yang dibeli selama
ini," ujarnya. (h/fma)

 

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]