Mengenai Keterbukaan Informasi Publik, Bupati Pessel: Tak Ada yang Perlu Ditutup


Senin, 07 Oktober 2019 - 13:34:36 WIB
Mengenai Keterbukaan Informasi Publik, Bupati Pessel: Tak Ada yang Perlu Ditutup Bupati Pessel, Hendra Joni dan semua peserta Rakor PPID dan Bimtek Pemilihan PPID Pembantu Terbaik 2019 se-Pemkab Pessel di Painan Convention Center, Senin (7/10)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni sangat paham sekali soal manfaat keterbukaan informasi publik, apalagi Hendrajoni sebelum jadi Bupati merupakan anggota Polri yang soal menemukan yang disembunyikan adalah keahliannya.

"Terbuka saja, jangan diumpetin dan ditutup-tutupi, apalagi soal anggaran yang sumber uangnya dari rakyat. Ingat! tidak transparan tunggu sajalah jerat hukum dan bersiaplah pindah tidur di balik jeruji penjara," ujar Hendrajoni saat membuka Rakor PPID dan Bimtek Pemilihan PPID Pembantu Terbaik 2019 se-Pemkab Pessel di Painan Convention Center, Senin (7/10).

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Sumbar, Adrian Tuswandi menilai, pernyataan yang diucapkan Bupati Hendra Joni sebagai inti dari keterbukaan informasi publik. 

"Beruntung Pessel punya Bupati Hendrajoni yang sangat paham terhadap arti penting keterbukaan, karena transparansi anggaran ada keyword sebuah badan publik itu terbuka atau tidak," ujar Adrian pada penyampaian materi di Rakor tersebut dengan tema 'Pilihan Badan Publik, Terbuka atau Sengketa'.

Sedangkan, soal keterbukaan informasi publik, Kadis Kominfo Pesisir Selatan sekaligus PPID Utama, Junedi juga mensupport apa yang dikatakan oleh Bupati Hendra Joni. "Kami bangga dan menjadi pemicu semua aparatur dalam mengurus soal pengelolaan dan pelayanan keterbukaan informasi publik," ujar Junedi.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska pada materinya 'Mengoptimalkan Layanan Informasi Publik Melalui PPID' mengatakan, tahun ini adalah ujian bagi PPID Utama apakah juara bertahan atau tidak. Sebetulnya, tidak ada alasan lagi bagi PPID di Pessel untuk tidak mampu mengelola dan melayani keterbukaan informasi publik. 

"Punya bupati yang berkomitmen terhadap keterbukaan informasi publik. Lalu PPID secara berkala terus mengupgrade daftar informasi publiknya, walau anugerah keterbukaan informasi di Sumbar, empat kali digelar tidak kenal juara bertahan," ujar Nofal. (*/rel)

Editor : AGE

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]